Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepatu Converse (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hendraris Abri Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepatu Converse (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hendraris Abri Prasetyo

Prasetyo, Hendraris Abri (2012) Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepatu Converse (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang) / Hendraris Abri Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Brand Image Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Merek (brand) merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran karena kegiatan memperkenalkan dan menawarkan produk dan atau jasa tidak terlepas dari merek Mengelola merek berarti menciptakan suatu pertautan (asosiasi) terhadap merek tersebut sehingga sebuah produk dengan mereknya dapat menancap di hati konsumen (customer mind) sebagai akibat komunikasi yang dilakukan dalam proses pemasaran. Menancapkan produk dan atau merek ke dalam hati konsumen merupakan suatu upaya agar mereka memiliki posisi yang strategis di pasar memiliki daur hidup produk-merek yang lebih panjang dan dapat bersaing sehat di pasar dalam kondisi persaingan yang semakin ketat. Sebuah produk dengan merek yang ditampilkannya dapat memberikan citra (image) pada konsumen yang telah akrab dengan produk itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi brand image (Citra Perusahaan Citra produk dan Citra Negara Asal) dan keputusan pembelian sepatu Converse pada mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. (2) Pengaruh brand image (Citra Perusahaan Citra produk dan Citra Negara Asal) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian sepatu Converse pada mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. (3) Untuk mengetahui faktor dari brand image (Citra perusahaan Citra produk dan Citra Negara Asal) yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian sepatu Converse pada mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang memakai sepatu Converse sebanyak 130 orang. Hasil ini diperoleh dari pengamatan dan wawancara dengan mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang memakai sepatu merek Converse. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen yang memakai sepatu Converse sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dapat diketahui kondisi brand image produk yang meliputi citra perusahaan citra produk dan citra negara asal serta kondisi keputusan pembelian sepatu Converse dalam keadaan baik dalam artian dapat diterima oleh konsumen.(2) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa terdapat pengaruh positif signifikan brand image terhadap keputusan pembelian sepatu Converse baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh positif signifikan secara parsial atau sendiri sendiri maksudnya citra perusahaan citra produk maupun citra Negara asal bisa memberikan pengaruh pada peningkatan keputusan pembelian. Untuk itu jika masing masing variabel tersebut citranya tetap baik di mata konsumen maka akan membantu peningkatan keputusan pembelian. Sedangkan jika digabungkan secara bersama-sama (simultan) 3 variabel tersebut pengaruhnya juga baik pada keputusan pembelian artinya bisa meningkatkan keputusan pembelian. (3) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa citra produk merupakan sub variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Converse karena memiliki nilai 61538 terbesar dibanding sub variabel lainnya yaitu sebesar 0 395. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah (1) Untuk citra perusahaan kiranya dapat ditingkatkan antara lain melalui diadakannya event-event untuk konsumen di tingkat lokal baik yang bersifat sosial seperti kepedulian terhadap korban bencana alam maupun event yang bersifat promosi agar dapat mempengaruhi konsumen lebih banyak lagi. (2) Untuk citra negara asal dapat ditingkatkan melalui membangun image yang lebih baik tentang Amerika Serikat pada konsumen di Indonesia. Misalnya adanya beasiswa ke Amerika untuk pemakai sepatu converse yang berprestasi atau hadiah jalan jalan ke tempat-tempat bersejarah di sana sehingga citra negara asal akan lebih positif di benak konsumen. (3) Hendaknya Converse mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan citra produknya di mata konsumen agar mampu memberikan kepuasan dan meningkatkan keputusan pembelian. Peningkatan citra produk dapat dilakukan dengan cara menjaga adanya ancaman pemalsuan yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Pemalsuan dapat diminimalisir atau diatasi dengan cara pemberian pengetahuan dan informasi yang memadai mengenai ciri-ciri fisik sepatu Converse yang asli pada konsumen. (4) Peneliti berikutnya yang ingin meneliti lebih jauh tentang brand image dapat menggunakan dimensi lain dalam pengukuran brand image seperti manfaat merek yang terdiri dari manfaat fungsional dan emosial asosiasi merek yang terdiri dari jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31318

Actions (login required)

View Item View Item