Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas viii / Novinda Vira Fardiana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas viii / Novinda Vira Fardiana</p>

Fardiana, Novinda Vira (2023) Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas viii / Novinda Vira Fardiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penunjang yang harus ada untuk menambah kualitas pembelajaran adalah media pembelajaran. Abad ke-21 telah memperlihatkan perkembangan pesat media pembelajaran termasuk aplikasi pembelajaran berbasis komputer seperti multimedia interaktif. Salah satu dari penggunaan multimedia interaktif ialah Articulate Storyline. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif terhadap materi sistem ekskresi manusia menggunakan Articulate Storyline yang valid dan layak dengan tujuan terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengimplementasikan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Pengukuran awal tidak dilakukan karena dianggap sama untuk semua kelompok yang berasal dari satu populasi sehingga dapat dikembangkan rancangan eksperimental tanpa adanya pengukuran awal tetapi hanya pengukuran akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinilai sangat layak berdasarkan segi materi maupun media dengan skor masing-masing 91 7% dan 94 9%. Media interaktif sangat praktis untuk digunakan di dalam kelas terlihat dari nilai tes kepraktisan guru 100% dan nilai keterbacaan siswa 82%. Penggunaan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline dapat meningkatkan hasil belajar terhadap siswa dibuktikan dengan data hasil tes akhir yang diberikan pada dua kelas dan juga dari uji independent sample t-test yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78 4 lebih besar dibandingkan rata-rata nilai peserta didik pada kelas kontrol yang sebesar 61 1 kelas eksperimen menunjukkan pencapaian hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313177

Actions (login required)

View Item View Item