Kelayakan dan kepraktisan LKPD untuk memfasilitasi literasi saintifik materi teknologi ramah lingkungan dengan model pembelajaran think pair share / Fira Naimatul Husna</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kelayakan dan kepraktisan LKPD untuk memfasilitasi literasi saintifik materi teknologi ramah lingkungan dengan model pembelajaran think pair share / Fira Naimatul Husna</p>

Husna, Fira Naimatul (2023) Kelayakan dan kepraktisan LKPD untuk memfasilitasi literasi saintifik materi teknologi ramah lingkungan dengan model pembelajaran think pair share / Fira Naimatul Husna</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad ke-21 peserta didik harus mampu bersaing agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik saat ini adalah keterampilan dalam literasi saintifik. Pada keikutsertaan Indonesia dalam penilaian PISA dapat dilihat bahwa sejak tahun 2000-2018 Indonesia berada di peringkat akhir yang jauh dibawah skor rata-rata Internasional. Perolehan nilai yang konsisten tersebut mengakibatkan kualitas pendidikan di Indonesia belum mencapai standar masyarakat. Rendahnya literasi saintifik peserta didik disebabkan oleh bahan ajar dan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil analisis kebutuhan guru sering melakukan ceramah dalam pembelajaran sehingga membuat peserta didik jenuh dan pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat membawa pengaruh positif terhadap keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan LKPD dengan model Think Pair Share untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik mengetahui kelayakan LKPD dan mengetahui kepraktisan LKPD. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model 4D untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Uji kelayakan menunjukkan persentase 100% pada kebenaran konsep 93 8% kelayakan materi 98 1% kelayakan media dan 98 6% pada kelayakan soal sehingga menunjukkan kriteria sangat layak. Uji validitas soal menunjukkan terdapat 8 soal valid dan 4 soal tidak valid. Uji reabilitas soal diperoleh sebesar 0 662 dengan kriteria tinggi. Uji kepraktisan guru mendapatkan 95 3% sedangkan siswa 91 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313164

Actions (login required)

View Item View Item