Izzah, Alifia Natasya Rahmah (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis pembelajaran kontekstual pada materi zat aditif dan adiktif / Alifia Natasya Rahmah Izzah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyalahgunaan zat aditif dan adiktif sangat marak terjadi di kalangan remaja hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan anak usia remaja terhadap zat aditif dan zat adiktif. Sehingga perlu untuk menghubungkan materi zat aditif dan adiktif dengan kehidupan nyata agar konsep yang didapat oleh peserta didik di kelas bisa langsung diterapkan pada kehidupan sehari hari pembelajaran semacam ini merupakan model pembelajaran kontekstual. Model Pembelajaran Kontekstual adalah suatu teknik pembelajaran aktif untuk menghubungkan pengetahuan peserta didik dengan apa yang mereka temukan di lingkungan sekitar. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD Elektronik berbasis pembelajaran kontekstual pada materi zat aditif dan adiktif yang valid dan praktis serta mengetahui keefektifannya. Penelitian ini menggunakan R amp D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate). Hasil validasi materi dan kebenaran soal memperoleh skor sebesar 91 8% hasil validasi media 85 4% hasil uji kepraktisan sebesar 92% hasil uji keterbacaan sebesar 86%. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan terhadap dua sample yang tidak berpasangan. Kemudian hasil uji n-gain sebesar 79 2% pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol sebesar 15 3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa LKPD Elektronik berbasis pembelajaran kontekstual ini valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |