Pengembangan e-modul interaktif berbasis problem based learning dengan mengoptimalkan aspek 4C untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi listrik dinamis / Umi Laila Ramadhan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif berbasis problem based learning dengan mengoptimalkan aspek 4C untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi listrik dinamis / Umi Laila Ramadhan</p>

Ramadhan, Umi Laila (2023) Pengembangan e-modul interaktif berbasis problem based learning dengan mengoptimalkan aspek 4C untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi listrik dinamis / Umi Laila Ramadhan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pendidikan abad 21 menuntut peserta didik tidak hanya memahami konsep materi saja melainkan juga memiliki keterampilan. Oleh karena itu diperlukan adanya media pembelajaran inovatif dan interaktif yang dapat menunjang proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis problem based learning dengan mengoptimalkan aspek 4C untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi listrik dinamis. Penelitian ini adalah penelitian (RnD) Research and Development. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analyse design development implementation dan evaluation. Subjek penelitiannya adalah 31 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Turen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi angket analisis kebutuhan siswa dan guru angket validasi kebenaran konsep angket uji kelayakan produk angket uji kelayakan media angket kebenaran soal pretes post test angket kepraktisan guru dan siswa serta instrumen penilaian berupa pretes dan post test. Diperoleh skor validasi kelayakan media sebesar 86 80% dengan kategori sangat valid. Skor validasi kelayakan materi sebesar 90 62% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata uji kepraktisan guru dan siswa sebesar 94 79% dengan kategori sangat valid. Uji efektivitas e-modul memperoleh persentase skor N-gain sebesar 71 92% yang menyatakan bahwa e-modul interaktif berbasis problem based learning dengan mengoptimalkan aspek 4C cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313153

Actions (login required)

View Item View Item