profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 8 materi getaran dan gelombang terintegrasi inkuiri terbimbing / Brilliana Ghorbiy</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 8 materi getaran dan gelombang terintegrasi inkuiri terbimbing / Brilliana Ghorbiy</p>

Ghorbiy, Brilliana (2023) profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 8 materi getaran dan gelombang terintegrasi inkuiri terbimbing / Brilliana Ghorbiy</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad ke-21 siswa dituntut untuk menguasai kemampuan pemecahan agar mampu bersaing di tingkat internasional. Pemecahan masalah merupakan keterampilan hidup yang diperoleh melalui serangkaian proses berpikir seperti menganalisis menginterpretasi menalar memprediksi mengevaluasi dan merefleksi. Fisika yang menjadi bagian dari mata pelajaran IPA memiliki tujuan pembelajaran salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah mendorong siswa menjadi pribadi yang kreatif dan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah diperlukan model pembelajaran yang tepat salah satunya inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang aktivitasnya berpusat pada siswa siswa aktif merancang dan menemukan konsep-konsep fisika dengan usahanya sendiri melalui bimbingan seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan sesuai dengan langkah Polya dan untuk mengetahui keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas 8F SMP Negeri 2 Beji memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang kurang dalam menyelesaikan soal fisika dengan rata-rata persentase 48.49%. Langkah memahami masalah sebesar 36.22% merencanakan penyelesaian masalah sebesar 65.17% melaksanakan penyelesaian masalah sebesar 59.00% dan memeriksa kembali penyelesaian masalah sebesar 33.56%. Kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik terdapat 13 siswa kategori cukup 6 siswa kategori kurang 2 siswa dan kategori sangat kurang 9 siswa. Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model inkuiri inkuiri terbimbing terlaksana dengan persentase sebesar 97%. Model inkuiri terbimbing yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 tahap yaitu identifikasi dan penetapan ruang lingkup masalah membuat hipotesis merancang dan melakukan percobaan mengumpulkan dan interpretasi data menulis kesimpulan serta mengomunikasikan hasil percobaan. Mengingat kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa pada abad 21 ini maka penting bagi guru untuk memberikan latihan-latihan soal fisika dalam bentuk soal cerita yang bersifat kontekstual. Hal tersebut bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan. Selain itu guru juga perlu memilih teknik atau model pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 08:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313135

Actions (login required)

View Item View Item