Pengembangan LKPD terintegrasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi zat aditif kelas VIII SMP / Shila Dwi Pratiwi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD terintegrasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi zat aditif kelas VIII SMP / Shila Dwi Pratiwi</p>

Pratiwi, Shila Dwi (2023) Pengembangan LKPD terintegrasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi zat aditif kelas VIII SMP / Shila Dwi Pratiwi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peserta didik harus memiliki keterampilan seperti literasi sains sebagai bagian dari pola pendidikan di abad 21. Namun hal ini berbanding terbalik dengan kemampuan literasi sains siswa di Indonesia yang relatif rendah. Penggunaan LKPD terintegrasi pembelajaran kontekstual dapat digunakan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Dalam upaya peningkatan literasi sains siswa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD terintegrasi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) yang bersifat valid layak dan efektif pada materi zat aditif. Penelitian ini mengimplementasikan model pengembangan 4D (define design develop dan disseminate). Analisis data menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi pembelajaran CTL sangat valid dengan rata-rata 96 1% validasi materi dan 93 7% validasi media layak digunakan dengan rata-rata 76 65% kepraktisan untuk guru dan 85 1% keterbacaan untuk siswa dan cukup efektif digunakan dengan perolehan N-gain menunjukkan kategori sedang dengan nilai 0 54. LKPD juga diuji secara empiris melalui uji Wilcoxon dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan LKPD terintegrasi pembelajaran CTL. Berdasarkan temuan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa produk LKPD yang terintegrasi pembelajaran CTL dalam rangka meningkatkan literasi sains siswa pada materi zat aditif mendapatkan penilaian yang valid layak dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313134

Actions (login required)

View Item View Item