Putri, Novi Eka (2023) Pengembangan science magazine berbasis problem based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMP / Novi Eka Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis hingga saat ini menjadi permasalahan utama dalam pembelajaran termasuk di jenjang SMP. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kurang terfasilitasinya siswa dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan bahan ajar berupa science magazine yang valid layak dan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan kegiatan meliputi analisis kebutuhan mendesain media mengembangkan media melakukan implementasi dan evaluasi yang dilakukan disetiap akhir kegiatan (model ADDIE). Data berupa komentar dan saran dianalisis secara deskriptif. Sementara data pretest-posttest dianalisis statistik yang meliputi normalitas homogenitas Paired Sample t-Test dan N-Gain. Berdasarkan kegiatan analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran IPA adalah teacher center dan belum tersedianya bahan ajar untuk memfasilitasi keterampilan berpikir kritis siswa. Sementara itu pada tahap desain dan develop diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat kevalidan baik itu pada aspek media maupun aspek materi dengan kategori masing-masing yaitu valid (skor 78%) dan sangat valid (skor 95.1%). Pada uji efektivitas media diperoleh nilai N-gain sebesar 0.35 dengan kategori sedang. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa bahan ajar science magazine yang dikembangkan adalah layak untuk diterapkan selama pembelajaran dan memiliki potensi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |