Profil sustainability awareness siswa SMP pada aspek lingkungan melalui pembelajaran IPA / Lutfi Suhad Ariantana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil sustainability awareness siswa SMP pada aspek lingkungan melalui pembelajaran IPA / Lutfi Suhad Ariantana</p>

Ariantana, Lutfi Suhad (2023) Profil sustainability awareness siswa SMP pada aspek lingkungan melalui pembelajaran IPA / Lutfi Suhad Ariantana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sustainability awareness adalah salah satu prasyarat sikap terhadap lingkungan dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang krisis. Pembelajaran IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang penting dalam mendukung tumbuhnya sustainability awareness. Semakin tinggi jenjang kelas siswa semakin banyak memperoleh materi maupun kegiatan untuk meningkatkan sustainability awareness. hasil sustainability awareness juga dapat dipengaruhi dari perbedaan jenis kelamin siswa. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan profil sustainability awareness pada aspek lingkungan kelas siswa SMP melalui pembelajaran IPA berdasarkan jenjang kelas dan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP berjumlah 259 orang. Teknik pengambilan data berupa kuesioner wawancara dan observasi. Pengolahan hasil kuesioner dihitung dalam bentuk persentase. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data inferensial. Hasil analisis menunjukan berdasarkan jenjang kelas presentase hasil sustainability awareness setiap kategori kelas 8 selalu memperoleh nilai tertinggi dan semua kategori sustainability awareness memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan jenis kelamin persentase hasil sustainability awareness setiap kategori perempuan selalu memperoleh nilai tertinggi. Kategori sustainability practice awareness dan behaviour and attitude awareness memiliki perbedaan yang signifikan sedangkan kategori emotional awareness tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Siswa dominan memiliki nilai tinggi dalam topik merawat tumbuhan kebersihan lingkungan dan hemat energi. Namun siswa memiliki nilai rendah dalam pemahaman mengenai penyebab penipisan lapisan ozon. Sehingga perlu dilakukan upaya meningkatkan sustainability awareness siswa kelas 7 dan siswa kelas 9 serta pada siswa laki ndash laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313131

Actions (login required)

View Item View Item