Pengembangan instrumen penilaian literasi sains berbasis PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi IPA Kelas VII dan VIII/ Mira Mardiana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian literasi sains berbasis PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi IPA Kelas VII dan VIII/ Mira Mardiana</p>

Mardiana, Mira (2022) Pengembangan instrumen penilaian literasi sains berbasis PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi IPA Kelas VII dan VIII/ Mira Mardiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan untuk mengaitkan permasalahan ilmiah dengan ide-ide ilmiah disebut dengan literasi sains. Berdasarkan data PISA Indonesia berada pada kelompok negara dengan kemampuan literasi sains di bawah level 2. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Indonesia berada di level yang rendah yang menunjukkan kurangnya kemampuan literasi sains Indonesia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk berbentuk instrumen penilaian literasi sains untuk materi IPA kelas VII dan VIII yang valid dan reliabel. Tujuan pengembangan instrumen yang valid dan reliabel adalah agar instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur literasi sains siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R amp D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg amp Gall. Tahapan pada model pengembangan Borg amp Gall antara lain research and information collecting planning developing the preliminary form of product preliminary field testing main product revision main field testing revision of product operational field testing final product revision dissemination and implementation. Instrumen penilaian literasi sains divalidasi oleh validator ahli untuk menilai kepantasan produk yang telah dikembangkan. Nilai validasi yang didapatkan adalah sebesar 98 8% yang termasuk ke dalam kategori sangat pantas sehingga dapat dilakukan uji coba ke siswa. Uji coba instrumen penilaian literasi sains yang dilakukan di SMP Negeri 2 Blitar dengan siswa kelas IX E dan IX G yang berjumlah 56 siswa menghasilkan 12 soal yang dinyatakan valid yaitu soal nomor 1 3 6 8 10 11 12 13 14 15 16 dan 19. Dari 12 soal yang dinyatakan valid dilakukan uji reliabilitas. Hasil uji reliabilitas dari 12 soal tersebut adalah 0 683 dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Hasil uji taraf kesukaran pada 12 soal didapatkan soal nomor 6 8 dan 14 masuk ke kategori mudah soal nomor 1 3 10 11 12 13 15 16 dan 19 masuk ke kategori medium. Hasil uji daya beda didapatkan soal nomor 6 8 dan 10 termasuk kategori jelek soal nomor 1 3 12 13 14 15 dan 16 masuk ke kategori cukup serta soal nomor 11 dan 19 masuk ke kategori baik. Dengan demikian telah dikembangkan instrumen penilaian literasi sains yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313117

Actions (login required)

View Item View Item