Shofiana, Haniza Nurina (2022) Pengembangan e-lkpd interaktif berbantuan liveworksheets untuk meningkatkan minat siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas vii / Haniza Nurina Shofiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Materi IPA adalah suatu materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari maka dari itu guru harus mampu menjelaskan konsep secara nyata. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 23 Malang kegiatan siswa selama proses pembelajaran diarahkan pada kegiatan membaca materi berupa PowerPoint yang dibagikan guru melalui Google Classroom kemudian siswa mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Selain itu dari segi desain grafisnya juga masih kurang karena tidak ada warna gambar video dan komponen lainnya yang dikombinasikan di dalam LKPD yang digunakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang interaktif sehingga siswa merasa cepat bosan atau kurang berminat pada pembelajaran dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran E-LKPD interaktif berbantuan Liveworksheets yang valid dan praktis untuk meningkatkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model ADDIE yang meliputi analysis design development implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi studi literatur wawancara guru IPA instrumen analisis kebutuhan awal instrumen validasi materi dan media angket kepraktisan media dan angket minat belajar siswa. Analisis data didapatkan dari data kuantitatif maupun data kualitatif. Jenis data kuantitatif diperoleh dari persentase hasil uji validitas persentase hasil uji kepraktisan media serta persentase hasil pengukuran minat. Sedangkan jenis data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar pada produk. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini adalah pada uji validitas media didapatkan skor rata-rata 90 18% (sangat valid) pada uji validitas materi didapatkan skor rata-rata 95 83% (sangat valid) pada uji kepraktisan media oleh praktisi lapangan didapatkan skor rata-rata 96 74% (sangat praktis) pada uji kepraktisan oleh siswa didapatkan skor rata-rata 82 39% (sangat praktis) dan pada hasil pengukuran minat belajar siswa didapatkan skor rata-rata 77 50% (kuat) sehingga dapat diketahui bahwa media E-LKPD berbantuan Liveworksheets dapat meningkatkan minat siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup serta persepsi siswa terhadap media yang dikembangkan tergolong positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |