Pengembangan e-booklet terintegrasi pendidikan karakter profil pelajar Pancasila pada materi suhu dan perubahannya / Siti Sri Asih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-booklet terintegrasi pendidikan karakter profil pelajar Pancasila pada materi suhu dan perubahannya / Siti Sri Asih</p>

Asih, Siti Sri (2022) Pengembangan e-booklet terintegrasi pendidikan karakter profil pelajar Pancasila pada materi suhu dan perubahannya / Siti Sri Asih</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat tiga keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik yaitu literasi dasar kompetisi dan karakter agar dapat menghadapi tantangan pendidikan abad-21. Salah satu keterampilan utama berupa karakter. Kemerosotan moral/karakter di era global menjadikan siswa bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku. Pemerintah Indonesia merancang sebuah Visi-Misi pendidikan berupa Profil Pelajar Pancasila sebagai wujud pendidikan karakter. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan media pembelajaran e-booklet terintegrasi pendidikan karakter dan melihat kelayakan serta kepraktisan media pembelajaran produk e-booklet terintegrasi pendidikan karakter yang terintegrasi pendidikan karakter berupa profil pelajar Pancasila pada materi suhu dan perubahannya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada salah satu guru IPA SMP di Kota Malang selama pembelajaran guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku paket dan modul yang minim dengan integrasi secara eksplisit muatan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penyebaran angket analisis kebutuhan kepada peserta didik juga menunjukkan hasil bahwa pembelajaran IPA membutuhkan bahan/media ajar terintegrasi pendidikan karakter disertai gambar/video. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze design development implementation evaluation). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru instrumen validasi materi media kebenaran konsep soal dan angket kepraktisan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Uji kelayakan media dilakukan oleh dosen Pendidikan IPA terkait kelayakan media dan materi. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh satu guru IPA dan 31 peserta didik salah satu SMP di Kota Malang. Hasil dari uji kelayakan media diperoleh skor 85 21% dengan kriteria sangat layak uji kelayakan materi diperoleh skor 81 35% dengan kriteria sangat layak 100% untuk uji kebenaran konsep dengan kriteria sangat valid 88 33% untuk uji validitas soal dengan kriteria sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari guru diperoleh skor 97% dengan kriteria sangat praktis dan 88% dari kepraktisan peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran e-booklet terintegrasi pendidikan karakter pada materi suhu dan perubahannya adalah sangat layak dan sangat praktis dalam memunculkan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313107

Actions (login required)

View Item View Item