Pengembangan instrumen tes diagnostik three tier materi sistem peredaran darah dan media feedback berbantuan power point untuk Kelas VIII SMP/MTS / Hafizhah Rifa Ananda</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes diagnostik three tier materi sistem peredaran darah dan media feedback berbantuan power point untuk Kelas VIII SMP/MTS / Hafizhah Rifa Ananda</p>

Ananda, Hafizhah Rifa (2022) Pengembangan instrumen tes diagnostik three tier materi sistem peredaran darah dan media feedback berbantuan power point untuk Kelas VIII SMP/MTS / Hafizhah Rifa Ananda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada materi Sistem Peredaran Darah rawan terjadi miksonsepsi. Miskonsepsi pada materi tersebut diakibatkan oleh materinya yang sulit dipahami baik dari segi konsep maupun istilahnya yang rumit atau asing atau tidak digunakan sehari ndash hari. Dampaknya siswa akan sulit mengintegrasikan pengetahuan lama dan baru yang mana hal tersebut tidak bersesuaian dengan teori bahwa konsep biologi itu saling berhubungan. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D. Sedangkan jika ditinjau dari data dan analisisnya termasuk dalam metode penelitian campuran atau kombinasi (mixed methods). Tes diagnostik yang telah dikembangkan dikatakan valid baik dari segi isi konstruk bahasa dan juga butir soal. Selain itu juga tes diagnostik juga dapat dikatakan reliabel dalam setiap butir soalnya berdasarkan nilai Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 862. Hasil tes diagnostik yang berjumlah 19 butir soal menunjukkan bahwa secara berturut - turut siswa yang memiliki kategori pemahaman memahami konsep dengan baik memahami konsep tetapi kurang yakin miskonsepsi dan tidak tahu konsep adalah 37 48% 14% 29% dan 19 94%. Berikutnya produk power point sebagai media feedback juga dapat dikatakan valid baik dari segi materi dan media. Hal tersebut juga didukung dengan respon siswa yang menyetujui seluruh pernyataan yang bersifat positif dalam angket uji keterbacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313103

Actions (login required)

View Item View Item