Pengembangan bahan ajar Powerpoint interaktif H5P bermuatan isu Sosio-Saintifik pada materi Pemanasan Global kelas VII SMP/MTS untuk meningkatkan kompetensi literasi sains siswa / Reni Aprilia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Powerpoint interaktif H5P bermuatan isu Sosio-Saintifik pada materi Pemanasan Global kelas VII SMP/MTS untuk meningkatkan kompetensi literasi sains siswa / Reni Aprilia</p>

Aprilia, Reni (2022) Pengembangan bahan ajar Powerpoint interaktif H5P bermuatan isu Sosio-Saintifik pada materi Pemanasan Global kelas VII SMP/MTS untuk meningkatkan kompetensi literasi sains siswa / Reni Aprilia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengintegrasian konteks socio-scientific issues (SSI) bagi peserta didik dengan latar belakang kebudayaan dan permasalahan lingkungan yang beragam mampu menstimulasi perkembangan intelektual moral dan etika serta kesadaran antara sains dengan kehidupan sosial yang dalam hal ini penting sebagai penyusun kemampuan literasi sains yang dibutuhkan sebagai kemampuan abad ke-21. Penggunaan bahan ajar yang interaktif mampu meningkatkan kualitas manajemen waktu motivasi dan proses belajar aktif. Untuk itu bahan ajar bermuatan isu SSI dengan aspek interaktif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi literasi sains siswa. Studi ini dilaksanakan pada semester genap di kelas VII SMPN 16 Malang tahun ajaran 2021/2022 dengan tujuan untuk mengetahui deskripsi produk kevalidan efektivitas dan respon peserta didik terhadap powerpoint interaktif berbantuan H5P yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah R amp D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze Design Develop Implementation dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli materi angket validasi ahli media lembar pretest dan posttest serta angket respon siswa. Tes praktikalitas direncanakan melalui One Group Pretest Posttest Design dengan subjek sebanyak 33 siswa kelas VII E SMPN 16 Malang. Hasil studi menunjukkan bahwa powerpoint interaktif yang dikembangkan sangat valid efektif dan memperoleh respon positif dari siswa. Bahan ajar memperoleh validitas rata-rata 92 66% (media) dan 96 80 % (materi) dengan kategori sangat valid. Analisis menunjukkan hasil uji beda Wilcoxon sebesar 0 002 lt 0 05 sehingga adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest literasi sains siswa setelah menggunakan bahan ajar. Aspek efektivitasnya dalam meningkatkan literasi sains berdasarkan nilai N-gain yakni 0 30 memperoleh kriteria medium dengan peningkatan paling tinggi pada kemampuan evaluating and designing scientific inquiry dengan N-gain sebesar 0 8 atau dalam kriteria tinggi. Respon siswa terhadap pengaplikasian bahan ajar bermuatan SSI berbantuan H5P dinilai sangat baik siswa memberikan respon positif sebesar 79 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313102

Actions (login required)

View Item View Item