Pengembangan e - modul berbasis socio scientific issues (ssi) pada materi bentuk dan sumber energi untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik peserta didik SMP/MTS kelas vii / Rizky Berlian Ilahi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e - modul berbasis socio scientific issues (ssi) pada materi bentuk dan sumber energi untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik peserta didik SMP/MTS kelas vii / Rizky Berlian Ilahi</p>

Ilahi, Rizky Berlian (2022) Pengembangan e - modul berbasis socio scientific issues (ssi) pada materi bentuk dan sumber energi untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik peserta didik SMP/MTS kelas vii / Rizky Berlian Ilahi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 menuntut manusia untuk memiliki beberapa kemampuan salah satunya literasi saintifik. Namun literasi saintifik di Indonesia masih menjadi problematika dalam dunia pendidikan. Kemampuan literasi saintifik dapat dikembangkan dengan menyajikan isu ndash isu yang ada di masyarakat. Sehingga guru disarankan untuk menggunakan pendekatan yang berorientasi pada konteks kehidupan yakni pendekatan Socio Scientific Issues (SSI). Akan tetapi masih jarang guru dan calon guru yang menerapkan pendekatan tersebut karena keterbatasan bahan ajar yang berbasis SSI. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Socio Scientific Issues (SSI) untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik. Topik yang digunakan adalah bentuk dan sumber energi yang potensial untuk diimplementasikan dalam pembelajaran SSI karena memiliki relevansi dalam kehidupan.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk menguji kelayakan dan kepraktisan produk. Hasil wawancara kepada guru IPA SMPN 6 Malang yakni dalam pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket dari sekolah. Sehingga peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan menyajikan penerapan sosial. Nilai ulangan harian pada materi bentuk dan sumber energi mendapatkan rata ndash rata di bawah KKM yaitu 66 hal ini menandakan bahwa materi tersebut sulit. Guru IPA setempat menuturkan bahwa kurangnya contoh penerapan yang mengaitkan dengan kehidupan sosial menjadikan materi bentuk dan sumber energi sulit. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Malang dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara analisis kebutuhan kepada guru dan kuesioner angket untuk analisis kebutuhan peserta didik uji kelayakan materi kebenaran konsep kelayakan media kelayakan soal dan uji kepraktisan. Uji kelayakan dilakukan oleh dosen ahli dan 1 guru IPA. Didapatkan persentase 91 9% pada uji kelayakan materi kebenaran konsep 100% kelayakan media 89 7% dan kelayakan soal 93 9%. Perolehan persentase tersebut termasuk kategori sangat layak. Kelayakan soal juga diuji secara empiris melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Uji validitas soal menghasilkan 12 soal valid dan 8 soal tidak valid. Tingkat reliabilitas soal mendapatkan koefisien sebesar 0 703 dengan kategori tinggi. Setelah itu produk dilakukan uji kepraktisan kepada 30 peserta didik dan 1 guru IPA. Uji kepraktisan peserta didik menunjukkan persentase sebesar 86 9% dan 94 2% untuk guru. Dari hasil tersebut diketahui bahwa e - modul berbasis Socio Scientific Issues (SSI) dinyatakan sangat layak dan sangat praktis untuk memfasilitasi literasi saintifik pada materi bentuk dan sumber energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313098

Actions (login required)

View Item View Item