Andriani, Rifdah Yusfia (2022) Pengembangan e-modul berbasis scientific explanation untuk melatih kemampuan penjelasan ilmiah peserta didik kelas VIII SMP/MTS pada materi sistem pencernaan / Rifdah Yusfia Andriani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi memberikan pengaruh pada pembelajaran IPA karena pada proses pembelajarannya harus dilakukan secara langsung dan aktif agar memperoleh suatu informasi melalui fenomena alam. Adapun model media dan sumber belajar dalam pembelajaran IPA ditekankan pada peristiwa sehari-hari agar memberikan pengalaman yang berarti pada siswa. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan e-modul berbasis scientific explanation untuk melatih kemam penjelas ilmiah. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate) namun terdapat keterbatasan waktu sehingga tahap penyebaran atau disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada SMPN 21 Malang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang disebarkan kepada ahli media ahli materi guru mata pelajaran dan juga peserta didik. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 95% yang dapat dikategorikan sangat valid. Kemudian untuk hasil validasi kebenaran konsep mendapatkan persentase sebesar 100% yang dapat dikategorikan sangat valid. Selanjutnya hasil validasi kelayakan materi didapatkan persentase sebesar 99% yang dapat dikategorikan sangat valid. Setelah itu hasil uji kepraktisan yang disebarkan kepada guru mata pelajaran IPA mendapat persentase sebesar 100% yang dapat dikategorikan sangat valid dan hasil uji keterbacaan kepada peserta didik didapatkan 91% yang dapat dikategorikan sangat valid. Kemudian uji statistik yang dilakukan yaitu uji wilcoxon dan mendapatkan hasil yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis scientific explanation ini dapat melatih kemampuan penjelasan ilmiah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |