Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII / Rosida Nur Anisya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII / Rosida Nur Anisya</p>

Anisya, Rosida Nur (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII / Rosida Nur Anisya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA memuat beberapa pokok bahasan salah satunya Materi Sistem Pernapasan. Sebagian siswa menganggap Materi Sistem Pernapasan sulit karena memuat materi yang abstrak kompleks dan terdapat berbagai istilah atau kata-kata asing sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Penerapan media pembelajaran yang interaktif dan menarik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami seperti media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian yakni menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada Materi Sistem Pernapasan untuk kelas VIII yang valid dan layak digunakan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan tahapan yang mengadaptasi model ADDIE yang dikembangkan Lee W. amp Owens mencakup tahap analisis (Analysis) perencanaan (Design) pengembangan (Development) implementasi (Implemetation) dan evaluasi (Evaluation). Metode pengambilan data yang digunakan yakni wawancara angket dan tes. Data yang didapat berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif uji-t (Paired Sample-t Test) dan N-Gain. Berdasarkan uji validasi oleh dosen ahli media dan ahli materi didapatkan rerata persentase skor uji validasi materi sebesar 100% dengan kategori penilaian sangat valid dan rerata persentase skor uji validasi media sebesar 92% dengan kategori penilaian sangat valid. Hasil uji kelayakan oleh salah satu Guru IPA di SMPN 8 Malang didapatkan rerata persentase sebesar 91% dengan kategori penilaian sangat layak. Hasil uji keterbacaan oleh 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang didapatkan rerata persentase 94% dengan kategori sangat layak. Hasil uji normalitas nilai posttest dan pretest didapatkan nilai signifikasi sebesar 0 183 dan 0 099 sehingga dapat diartikan data berdistribusi normal. Hasil uji-t didapatkan nilai signifikasi sebesar 0 000 yang berarti antara nilai pretest dan posttest siswa terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil analisis N-Gain didapatkan skor 0 41 termasuk dalam kategori sedang dengan kata lain media pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan uji validasi uji kelayakan uji keterbacaan dan uji efektivitas maka media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dihasilkan dapat dinyatakan valid dan layak digunakan serta bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313095

Actions (login required)

View Item View Item