Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam menyelesaikan soal akm pada materi sistem pernapasan manusia / Rosamita Sherly Monika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam menyelesaikan soal akm pada materi sistem pernapasan manusia / Rosamita Sherly Monika</p>

Monika, Rosamita Sherly (2022) Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam menyelesaikan soal akm pada materi sistem pernapasan manusia / Rosamita Sherly Monika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia interaktif merupakan gabungan antara tulisan grafik gambar audio animasi dan video yang menghasilkan sebuah pesan terhadap peserta didik pada kegiatan belajar sehingga terjadi komunikasi dua arah antara siswa dengan media. Multimedia interaktif mempermudah pendidik memberikan materi pembelajaran meningkatktan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman terhadap materi. Penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini yaitu pengembangan multimedia interaktif yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dalam menyelesaikan soal AKM khususnya pada materi sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas media diperoleh skor rata-rata 85 5% validitas materi 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan guru dan siswa berturut-turut 97% dan 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dengan skor pretest indikator menjelaskan fenomena ilmiah menginterpretasi dan membuktikan data mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah berturut-turut 40 31 20 pada posttest menghasilkan rata-rata 96 66 dan 64. Sehingga diperoleh nilai rata-rata N-gain 0 66 dengan kriteria sedang dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif valid praktis dan efektif dalam meningkatkan literasi sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313092

Actions (login required)

View Item View Item