Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler im3 (Studi pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hetty Nilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler im3 (Studi pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hetty Nilawati

Nilawati, Hetty (2012) Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler im3 (Studi pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hetty Nilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Brand Image Keputusan Pembelian. Seiring dengan perkembangan zaman banyak bermunculan produk kartu perdana yang ditawarkan sesuai kebutuhan dengan merek yang berbeda. Persaingan dunia usaha yang semakin kompleks mengharuskan setiap perusahaan mampu dalam menghadapi setiap tantangan yang ditimbulkan dari apa yang telah diputuskan untuk merebut hati para konsumen. Banyak hal yang membuat suatu produk tetap bertahan di pasaran selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah dengan citra merek yang baik di mata konsumen. Brand yang baik merupakan salah satu aset bagi perusahaan karena brand tersebut mempunyai suatu dampak pada setiap persepsi konsumen dimana masyarakat akan mempunyai kesan positif terhadap produk dan perusahaan. Image/citra yang dibutuhkan suatu produk adalah apabila produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yaitu dengan cara membuat dan mengembangkan produk sesuai dengan harapan dan selera konsumen mutu dan kualitas yang terjamin dan sistem penyampaian produk sehingga konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk-produk tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Brand Image dan keputusan pembelian mengetahui pengaruh Brand Image (jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek) secara parsial terhadap keputusan pembelian dan mengetahui pengaruh Brand Image (jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek) secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kartu seluler IM3 pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan sebab-akibat antara variabel bebas (Brand Image) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Dalam penelitian ini populasinya adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan dan membeli kartu seluler IM3 dimana jumlah populasinya dapat diketahui (finite population). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 250 orang teknik yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap Tahap pertama tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proportionate Random Sampling. Proportionate Random Sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel pada setiap kelas. Tahap kedua dari penelitian ini untuk menentukan sampel individu digunakan simple random sampling dengan menggunakan undian (lotre). Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial sub variabel jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa sub variabel jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk kartu seluler IM3 pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hasil ini dapat dilihat pada analisis Regresi Berganda dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 23 4% artinya bahwa terbentuknya keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) dan keunikan asosiasi merek (X4) sebesar 21 9 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini adalah (1) Saran ditujukkan kepada Manajemen kartu seluler IM3 perusahaan harus selalu berinovasi untuk mengembangkan teknologi dan fitur yang ada di dalamnya serta meningkatkan strategi promosi kepada konsumen untuk lebih meningkatkan penjualan. (2) Saran bagi konsumen sebelum membeli sebaiknya konsumen sebelum membeli sebaiknya tidak hanya semata-mata mengikuti lingkungan di sekitar tanpa mengambil kebijaksanaan yang berhubungan dengan kualitas produk harga dan merek dari produk yang akan dibeli. (3) Saran bagi peneliti yang akan datang sebaiknya melibatkan konsumen yang lingkupnya lebih luas untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih signifikan dan memperluas variabel yang diteliti maupun pengembangan indikator serta item lain yang di duga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31309

Actions (login required)

View Item View Item