Pengembangan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi tekanan zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii SMP / Luwis Goestafo Al Gofur</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi tekanan zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii SMP / Luwis Goestafo Al Gofur</p>

Gofur, Luwis Goestafo Al (2022) Pengembangan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi tekanan zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii SMP / Luwis Goestafo Al Gofur</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang layak digunakan pada kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R amp D) menggunakan model ADDIE (Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi). Subjek penelitian merupakan 25 siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang. Hasil analisis validitas materi media dan soal didapatkan kesimpulan sangat valid. Uji kelayakan media oleh guru IPA dan uji keterbacaan oleh siswa didapatkan hasil bahwa media sangat layak digunakan. Uji normalitas pada hasil pre-test dan post-test menunjukkan angka signifikansi sebesar 0 166 yang dapat diartikan data berdistribusi normal. Hasil uji-t mendapatkan angka signifikansi sebesar 0 000 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Dari temuan tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan zat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313088

Actions (login required)

View Item View Item