Pengembangan aplikasi E-MODUL berkarakteristik steam pada materi energi untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP / Risqi Mardiana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi E-MODUL berkarakteristik steam pada materi energi untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP / Risqi Mardiana</p>

Mardiana, Risqi (2022) Pengembangan aplikasi E-MODUL berkarakteristik steam pada materi energi untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP / Risqi Mardiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran saat ini masih berpusat kepada guru sehingga siswa menjadi pasif. Melalui pembelajaran seperti itu keterampilan abad 21 masih kurang terasah. Sekolah seharusnya mempersiapkan siswa memiliki keterampilan untuk beradaptasi terhadap perkembangan yang terjadi di era Revolusi Industri 4.0 saati ini. Salah satu keterampilan yang penting untuk dilatihkan pada era Revolusi Industri 4.0 adalah kreativitas. Kreativitas diperlukan untuk proses pemecahan masalah serta pekerjaan yang akan mendatang. Pendekatan STEAM merupakan salah satu pendekatan yang mampu meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan hasl tersebut penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap e-modul terintegrasi STEAM untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi energi. Penelitian ini mengambil sampel dari guru IPA SMP Negeri 16 Malang dan 46 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan denga observasi wawancara dan kuesioner. Diketahui pembelajaran untuk melatihkan berpikir kreatif masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan masih belum melatihkan siswa dalam berpikir kreatif. Kebutuhan media dan bahan ajar yang terintegrasi STEAM perlu dikembangkan untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313083

Actions (login required)

View Item View Item