Firdaus, Lissa Nurul (2022) Pengembangan e-modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan literasi saintifik pada materi suhu dan kalor kelas vii / Lissa Nurul Firdaus</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Budaya literasi saintifik di sebuah negara merupakan salah satu prasyarat kecakapan hidup di abad 21. Membuat perbandingan membuat penilaian data berpikir kritis menarik kesimpulan memecahkan masalah dan menerapkan pengetahuan dalam konteks kehidupan nyata dalam situasi asing adalah contoh kecakapan hidup abad 21. Hal ini bisa terwujud dengan membangun pendidikan yang mendukung peningkatan kemampuan literasi saintifik. Menurut data PISA tingkat peserta didik Indonesia dalam kemampuan literasi saintifik tergolong rendah karena berada di peringkat 70 dari 78 negara peserta dengan skor rata-rata sebesar 396 atau lebih rendah dari rata-rata PISA yaitu 489. Indonesia secara konsisten berada di peringkat sepuluh terbawah pada sepuluh tahun terakhir. Oleh sebab itu dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan 1) mendeskripsikan karakteristik E-modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan literasi saintifik 2) menentukan kelayakan E-modul yang dikembangkan 3) menguji kepraktisan E-modul yang dikembangkan serta 4) menguji keefektifan E-modul hasil pengembangan dalam meningkatkan kemampuan literasi saintifik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analyze design development implementation evaluation). Penilaian oleh validasi ahli materi ahli media kepraktisan oleh guru IPA dan 50 peserta didik dengan tingkat pencapaian masing-masing 94% 91% 95% dan 84%. Penilaian tersebut menyatakan bahwa E-modul efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil dari uji normalitas kolmogorov-smirnov sebesar 0 200 maka data berdistribusi normal uji paired sample t test sebesar 0 000 (p gt 0 05) yang menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest pada kemampuan literasi saintifik dan hasil dari rata-rata uji N-gain sebesar 0 60 yang berarti bahwa kemampuan literasi saintifik peserta didik berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |