Prameswari, Natalie Pniel Dipa Prameswari (2024) Pengembangan media pembelajaran kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas viii / Natalie Pniel Dipa Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu kuartet dalam pembelajaran materi sistem ekskresi untuk siswa kelas VIII menggunakan pendekatan ADDIE. Penelitian ini difokuskan pada tahap analisis desain dan pengembangan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil validasi kelayakan materi menunjukkan skor sebesar 81 3 dengan kategori sangat valid menegaskan bahwa materi yang disusun sesuai dengan kaidah dan standar pembelajaran. Hasil evaluasi konsep menunjukkan presentase kebenaran konsep sebesar 100 mengindikasikan bahwa materi yang dihadirkan mencapai standar kebenaran dan keakuratan yang tinggi. Validasi media memperoleh skor sebesar 87 5 persen mengonfirmasi bahwa media pembelajaran kartu kuartet telah dirancang dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Selanjutnya hasil uji keterbacaan guru mendapatkan nilai 85 6 persen sedangkan hasil uji keterbacaan siswa mencapai 77 4 persen menunjukkan bahwa materi memiliki tingkat keterbacaan yang baik. Hasil uji normalisasi mencapai 0 60 dan hasil uji t menunjukkan angka 0 00 yang menghasilkan nilai N-Gain positif sebesar 0 63. Ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kuartet berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap materi ekskresi. Dengan demikian media pembelajaran kartu kuartet ini memiliki potensi untuk menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313065 |
Actions (login required)
View Item |