Atiek Indah Rahmawati (2009) Persepsi guru tentang kompetensi diri dalam rangka persiapan sertifikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Atiek Indah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia melalui pembelajaran dalam bentuk aktualisasi potensi menjadi suatu kemampuan/kompetensi. Guru dalam melaksanakan profesinya juga dituntut memiliki kemampuan/kompetensi yang sesuai bidangnya. Salah satu faktor kunci peningkatkan mutu pendidikan adalah melalui usaha peningkatan mutu pendidiknya karena di tangan gurulah mutu pendidikan kita banyak bergantung. Menyadari peran dan tugas berat guru maka kinerja berkualitas sangat dibutuhkan. Fenomena di lapangan menunjukkan ternyata meningkatkan kualitas kinerja guru tidak mudah dan berkaitan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu cara menghasilkan kualitas manusia yang bermutu adalah dengan pemberdayaan dan peningkatan mutu guru sehingga dapat bekerja secara profesional. Upaya lain yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan guru yaitu dengan mengesahkan Undang-Undang Republik Indonesia (UURI) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengatur kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional. UU ini mewajibkan guru memiliki kualifikasi akademik kompetensi dan sertifikat pendidik. Terkait dengan program sertifikasi guru berkualitas harus memenuhi syarat kompetensi dalam UURI Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10 tentang Guru dan Dosen yang meliputi 4 kompetensi yaitu kompetensi paedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional serta kompetensi sosial. Berapapun besarnya investasi yang ditanamkan untuk memperbaiki mutu pendidikan tanpa kehadiran guru dan dosen yang kompeten profesional bermartabat dan sejahtera dapat dipastikan tidak akan tercapai tujuan yang diharapkan. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah Seberapa tingkat persepsi guru tentang kompetensi diri dalam rangka persiapan sertifikasi di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Masalah utama di atas dirumuskan menjadi masalah khusus yaitu (1) seberapa tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi paedagogik dalam rangka persiapan sertifikasi (2) seberapa tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi profesional dalam rangka persiapan sertifikasi (3) seberapa tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi sosial dalam rangka persiapan sertifikasi (4) seberapa tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi kepribadian dalam rangka persiapan sertifikasi Tujuan utama penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat persepsi guru tentang kompetensi diri dalam rangka persiapan sertifikasi di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Tujuan khusus yaitu untuk mengetahui (1) tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi paedagogik diri dalam rangka persiapan sertifikasi (2) tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi profesional dalam rangka persiapan sertifikasi (3) tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi sosial dalam rangka persiapan sertifikasi (4) tingkat persepsi guru SMPN Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tentang kompetensi kepribadian dalam rangka persiapan sertifikasi. Metode dan jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMPN di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang berjumlah 203 orang dan diperoleh sampel sejumlah 135 orang guru menggunakan rumus formula Slovin. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dengan cara menentukan kualifikasi (interval) mencari persentase dan nilai rata-rata (mean). Berdasar hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) persepsi guru tentang kompetensi diri dalam persiapan sertifikasi di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dilihat sebanyak 106 guru (78 5%) berada pada rentangan 160-196 yang berarti penilaian guru tentang kompetensi dirinya memiliki kriteria sangat baik (2) persepsi guru tentang kompetensi paedagogik termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dilihat sebanyak 120 guru (88 9%) berada pada rentangan 40-51 yang berarti penilaian guru tentang kompetensi dirinya memiliki kriteria sangat baik (3) persepsi guru tentang kompetensi profesional termasuk dalam kategori sangat tinggi dilihat dari 91 guru (67 4%) berada pada rentangan 34-40 yang berarti penilaian tentang kompetensi profesional dirinya memiliki kriteria sangat baik (4) persepsi guru tentang kompetensi sosial termasuk dalam kategori tinggi dilihat dari 124 guru (91 8%) berada pada rentangan 13-16 yang berarti penilaian tentang kompetensi sosial memiliki kriteria baik (5) persepsi guru tentang kompetensi kepribadian termasuk dalam kategori sangat tinggi dilihat dari 112 guru (82 9%) berada pada rentangan 60-72 yang berarti penilaian tentang kompetensi kepribadian memiliki kriteria sangat baik. Saran yang dapat disumbangkan dalam penelitian ini adalah (1) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang lebih intensif mengadakan sosialisasi dan pembahasan tentang program sertifikasi khususnya bagi guru agar benar-benar paham sehingga berupaya meningkatkan kompetensi dalam profesinya (2) bagi Guru SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang mempertahankan serta lebih meningkatkan lagi kompetensi dirinya dalam rangka sertifikasi agar pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai seorang guru profesional tercapai (3) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan lebih mengembangkan serta melakukan penelitian yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (4) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk menambah wawasan keilmuan dan informasi sekaligus sebagai salah satu rujukan terutama bagi mereka yang akan meneliti masalah yang sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |