Manajemen perpustakaan sekolah dalam pembinaan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang / Arief Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen perpustakaan sekolah dalam pembinaan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang / Arief Ardiansyah

Ardiansyah, Arief (2012) Manajemen perpustakaan sekolah dalam pembinaan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang / Arief Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Manajemen perpustakaan pembinaan minat baca. Sekolah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk atktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas saja namun dapat juga dilakukan di luar kelas salah satunya di perpustakaan. Pemanfaatan layanan perpustakaan bertujuan agar proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar sebagai penunjang sarana belajar dan media belajar. Karena perpustakaan sekolah merupakan bagian yang integral dan bagian dari manajemen pendidikan yang vital. Membaca adalah masalah yang penting di dalam dunia pendidikan sebab dengan membaca seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi yang penting.Upaya pengembangan minat baca siswa erat kaitannya dengan keberadaan perpustakaan sekolah. Membaca merupakan sebuah proses menangkap atau memperoleh konsep-konsep yang dimaksud oleh pengarangya mengintepretasi mengevaluasi konsep-konsep pengarang dan merefleksikan atau bertindak seperti yang dimaksud oleh konsep itu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus observasional. Lokasi penelitian di Perpustakaan Sekolah SD Negeri Percobaan 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan fokus penelitian manajemen perpustakaan sekolah dalam pembinaan minat baca siswa dengan jabaran sebagai berikut (1) perencanaan perpustakaan sekolah (2) pengorganisasian perpustakaan sekolah (3) layanan perpustakaan sekolah dan (4) pengawasan perpustakaan sekolah. Pada penelitian ini peneliti merupakan pengumpul data yang utama. Adapun pengambilan data digunakan melalui teknik (1) pengamatan/ pengamatan tidak berperan serta (2) wawancara (3) dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dilakukan pengecekkan untuk menguji keabsahan data tersebut dengan menggunakan teknik ketekunan pengamatan trianggulasi meliputi trianggulasi sumber data dan metode. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) manajemen perpustakaan sekolah dalam pembinaan minat baca siswa adalah dengan memberikan hadiah kepada siswa yang paling sering meminjam buku melalui poin membaca penambahan koleksi pustaka pengadaan jam wajib kunjung perpustakaan untuk tiap-tiap kelas memberikan kebebasan membaca kepada pengunjung dan memberikan himbauan tentang pentingnya membaca melalui poster-poster atau tulisan-tulisan yang berisikan ajakan-ajakan agar siswa gemar membaca (2) perencanaan program perpustakaan sekolah dilakukan sesuai tujuan penambahan bahan pustaka serta penambahan sarana dan prasarana pendukung perpustakaan yang diperlukan (3) perpustakaan sekolah ini memiliki struktur organisasi yang memperlihatkan hubungan kerja sama antara bagian-bagian yang ada di dalam organisasi (4) pelayanan perpustakaan sekolah memilki kegiatan untuk memberikan layanan kepada setiap pengunjung baik berupa layanan sirkulasi maupun referensi dan (5) pengawasan perpustakaan sekolah dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pihak pembina dan penanggung jawab petugas memberikan hasil kerjanya dalam bentuk tertulis berisi catatan mengenai data keluar-masuknya buku dan jumlah pengunjung perpustakaandalam tiap semester yang dilaksanakan pada tiap akhir tahun ajaran. Sedangkan untuk meningkatkan profesionalitas kerjanya petugas perpustakaan mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item