Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli handphone nokia (Studi pada masyarakat RW 03 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Malang) / Yuni Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli handphone nokia (Studi pada masyarakat RW 03 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Malang) / Yuni Andriani

Andriani, Yuni (2012) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli handphone nokia (Studi pada masyarakat RW 03 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Malang) / Yuni Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci ekuitas merek (brand equity) sikap konsumen keputusan pembelian. Perkembangan ekonomi dan kemajuan teknologi disegala bidang memunculkan persaingan di dalam dunia bisnis. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan di tengah perkembangan ekonomi dan kemajuan teknologi adalah membentuk ekuitas merek yang baik di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kondisi ekuitas merek sikap konsumen dan keputusan pembelian produk handphone Nokia (2) Pengaruh langsung ekuitas merek terhadap sikap konsumen dalam membeli handphone Nokia (3) Pengaruh langsung sikap konsumen terhadap keputusan pembelian handphone Nokia (4) Pengaruh langsung antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian handphone Nokia dan (5) Pengaruh tidak langsung ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli handphone Nokia. Penelitian ini termasuk dalam explanatory research (penelitian penjelasan) yang terdiri dari tiga variabel yaitu ekuitas merek sebagai variabel bebas keputusan pembelian sebagai variabel terikat dan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini tergolong infinite (populasi tak terbatas). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarkat RW 03 di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Malang. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan tingkat kesalahan 5%. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert. Tujuan penelitian ini diwujudkan dengan menggunakan analisis path dan dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi ekuitas merek sikap konsumen dan keputusan pembelian sudah baik terhadap handphone Nokia (2) Terdapat pengaruh secara langsung antara ekuitas merek terhadap sikap konsumen dengan nilai 946 0 701 dan nilai sig t 0 000 (3) Terdapat pengaruh secara langsung antara sikap konsumen terhadap keputusan pembelian dengan nilai 946 0 693 dan nilai sig t 0 000 (4) Terdapat pengaruh secara langsung antara ekuitas terhadap keputusan pembelian dengan nilai 946 0 772 dan nilai sig t 0 000 dan (5) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen sebesar 0 486. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) Kondisi ekuitas merek sikap konsumen dan keputusan pembelian handphone Nokia sudah baik (2) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara ekuitas merek terhadap sikap konsumen (3) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara dukungan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian handphone Nokia (4) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian handphone Nokia dan (5) Terdapat pengaruh secara tidak langsung yang positif dan signifikan antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen. ii Saran yang dapat diberikan antara lain (1) Perusahaan diharapkan dapat memaksimalkan ekuitas merek yang sudah ada dalam benak konsumen tentang handphone Nokia ini dapat terjaga (2) Sikap konsumen yang memiliki tingkat kepercayaan merek terhadap handphone Nokia sebaiknya ditingkatkan perusahaan agar dapat mempertahankan konsumen yang sudah loyal dengan produk Nokia. (3) Perusahaan sebaiknya memaksimalkan keunggulan dan kehandalan produk yang sudah dimiliki handphone Nokia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31292

Actions (login required)

View Item View Item