Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platfrom genially untuk membandingkan learning engagement dan learning outcomes siswa / Windiastari Widyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platfrom genially untuk membandingkan learning engagement dan learning outcomes siswa / Windiastari Widyaningsih

Widyaningsih, Windiastari Widyaningsih (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platfrom genially untuk membandingkan learning engagement dan learning outcomes siswa / Windiastari Widyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media interaktif genially dapat menumbuhkan keterlibatan belajar. Keterlibatan belajar merupakan kunci mengembangkan pemahaman materi pada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interkatif melalui platform genially yang telah diujikan kepada ahli materi ahli media dan telah diuji lapangan pada kelompok kecil dan kelompok besar serta mengetahui perbedaan learning engagement dan learning outcomes peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode Research and Developmnet ini memakai model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahapan. Subjek pengujian terdiri dari ahli materi ahli media dan peserta didik kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok besar dan kelompok kecil. Data penelitian yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif presentase uji normalitas dan uji independent sample t-Test. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis website genially yang mengandung audio visual menarik dan user friendly. Hasil uji coba yang dilakukan pada kelompok besar dan kecil menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat mempengaruhi hasil belajar dan learning engagement peserta didik pada elemen profil dunia kerja dan peluang usahaMedia interaktif genially dapat menumbuhkan keterlibatan belajar. Keterlibatan belajar merupakan kunci mengembangkan pemahaman materi pada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interkatif melalui platform genially yang telah diujikan kepada ahli materi ahli media dan telah diuji lapangan pada kelompok kecil dan kelompok besar serta mengetahui perbedaan learning engagement dan learning outcomes peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode Research and Developmnet ini memakai model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahapan. Subjek pengujian terdiri dari ahli materi ahli media dan peserta didik kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok besar dan kelompok kecil. Data penelitian yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif presentase uji normalitas dan uji independent sample t-Test. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis website genially yang mengandung audio visual menarik dan user friendly. Hasil uji coba yang dilakukan pada kelompok besar dan kecil menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat mempengaruhi hasil belajar dan learning engagement peserta didik pada elemen profil dunia kerja dan peluang usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312876

Actions (login required)

View Item View Item