Meningkatkan kemandirian belajar dengan e-modul interaktif genially / DEFITA WIDIARTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemandirian belajar dengan e-modul interaktif genially / DEFITA WIDIARTI

Widiarti, Defita Widiarti (2024) Meningkatkan kemandirian belajar dengan e-modul interaktif genially / DEFITA WIDIARTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi semakin canggih di bidang pendidikan seperti e-modul interaktif sangat berdampak pada kualitas pendidikan pada kualitas pembelajaran di kelas.Tujuan dikembangkannya e-modul berbentuan genially yaitu untuk menghasilkan e-modul interaktif yang telah melalui validasi ahli materi dan ahli e-modul serta mengetahui perbedaan kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas control. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R amp D menurut Born and Gall yang terdiri dari 10 tahapan yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi 9 tahapan. Peserta didik kelas XI SMK ahli e-modul dan ahli materi menjadi subyek penelitian. Setelah e-modul diterapkan pada peserta didik kemandirian peserta didik meningkat. Hal ini dibuktikan adanya perbedaan kemandirian belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada elemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data diolah menggunakan deskriptif persentase. Hasil uji kelayakan ahli e-modul dan ahli materi serta uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa penyajian dan tampilan konten sangat layak persentase nilai kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul elemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana berguna untuk meningkakan kemandirian peserta didik pada elemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana layak digunakan sebagai bahan ajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312872

Actions (login required)

View Item View Item