Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Prima Dollar Lestari Jember / Verda Novriyan Aldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Prima Dollar Lestari Jember / Verda Novriyan Aldi

Aldi, Verda Novriyan (2012) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Prima Dollar Lestari Jember / Verda Novriyan Aldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualitas Layanan Kepuasan Konsumen Globalisasi telah mendorong dunia bisnis menjadi semakin kompe-titif dan suatu persaingan yang akhirnya hanya perusahaan yang mempu-nyai kemampuan bersaing saja mampu bertahan. Persaingan yang selalu muncul dalam dunia bisnis mendorong munculnya pemikiran-pemikiran baru yang dapat membangun produk atau jasa yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Kehadiran PT. Prima Dollar Lestari yang bergerak pada bidang jasa penukaran uang asing yang dimana mampu menjadi perantara pekerja antara TKI maupun Bank-bank konvensional untuk menjadikan uang asing menjadi rupiah didukung dengan pelayanan yang ada pada perusahaan ini. Kualitas layanan yang meliputi bukti fisik keandalan daya tang-gap jaminan dan empati yang terdapat pada perusahaan jasa penukaran uang asing dapat menciptakan rasa nyaman dan kepusan pada konsumen sehingga merangsang konsumen untuk melakukan transaksi ulang ketika telah merasakan kepuasan dari dimensi kalitas layanan yang telah diberikan sebelumnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kualitatif jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Prima Dollar Lestari yang telah melakukan transaksi selama bulan September 2011 sebanyak 63 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis statistik inferensial uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kualitas layanan PT. Prima Dollar Lestari Jember tergolong cukup baik hal ini ditunjukkan dengan empat dimensi kualias layanan yang dinilai cukup tinggi oleh setiap responden sedangkan empati merpakan dimensi tertinggi yang dinilai konsumen. Hasil penelitian ini juga di tunjukan secara parsial dimensi kua-litas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap konsumen dengan sig bukti fisik 0 407 keandalan 0 028 daya tanggap 0 464 jami-nan 0 218 dan empati 0 000. Secara simultan berdasarkan hasil uji t dik-tahui bahwa adjusted R Square 0 504 artinya kualitas layanan memiliki pengaruh kuat terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan variabel bukti fisiik (tangibles) (X1) keandalan (reliability) (X2) daya tanggap (responsiveness) (X3) Jaminan (assurance) (X4) dan empati (emphaty) (X5) secara bersama-sama secara simultan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Kondisi kualitas laya-nan yang diberika PT. Prima Dollar Lestari berdasarkan penilaian konsu-men pada dimensi bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan em-pati kategori cukup tinggi (2) Variabel bukti fisk keanadalan daya tang-gap jaminan dan empati secara parsial berpengaruh positif signifikan ter-hadap kepuasan konsumen PT. Prima Dollar Lestari Jember (3) Dimensi variabel kualitas layanan secara simultan memiliki pengaruh secara signi-fikan terhapdap kepuasan konsumen PT. Prima Dollar Lestari Jember (4) Dimensi variabel kualitas layanan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen PT. Prima Dollar Lestari adalah empati. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Perusahaan senantiasa memperhatikan dimensi kualitas layanan sehingga mampu membentuk kepuasan konsumen (2) Sebaiknya karyawan PT. Prima Dollar Lestari berperan aktif dalam usaha jasa penukaran uang asing sehingga mampu mewujudkan visi bersama perusahaan (3) Bagi peneliti lain yang sejenis diharapkan variabel lain dalam judul penelitiannya untuk memper-kaya hasil penelitian dan memperkaya jurnal nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31285

Actions (login required)

View Item View Item