Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pengembangan media pembelajaran interaktif google sites / Usaila Vakhma - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pengembangan media pembelajaran interaktif google sites / Usaila Vakhma

Vakhma, Usaila Vakhma (2024) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pengembangan media pembelajaran interaktif google sites / Usaila Vakhma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan sebagai bekal dalam mempersiapkan karir dan menghadapi tantangan abad 21. Namun permasalahannya adalah berpikir kritis peserta didik masih rendah dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dan lebih berorientasi pada guru. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran mengetahui kelayakan serta keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites yang mengintegrasikan prinsip-prinsip budaya kerja ramah lingkungan. Media pembelajaran dinyatakan sangat valid dan layak digunakan serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran baru dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites dapat memberikan implikasi signifikan bagi praktik pendidikan terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik interaktif dan efektif bagi siswa serta memberikan perspektif baru bagi pengembang kurikulum dan pendidik untuk mengintegrasikan teknologi dalam merancang dan menyampaikan materi pembelajaran secara inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312847

Actions (login required)

View Item View Item