Salsabila, Adelia Ayu Salsabila (2024) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x otkp di smk negeri 2 blitar) / ADELIA AYU SALSABILA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan Mobile Learning berbasis Ispring Suite dilatar belakangi oleh pandemi covid-19 yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik dilakukan secara daring. Sehingga dibutuhkan media yang menunjang proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi ini. Peneliti mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis Ispring Suite pada mata pelajaran korespondensi sebagai solusi pembelajaran jarak jauh agar tercapainya pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan produk media pembelajaran mobile learning berbasis Ispring Suite pada Mata Pelajaran Korespondensi pada kelas X OTKP (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran mobile learning berbasis Ispring Suite dengan melakukan validasi media ahli materi dan pengguna (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis Ispring Suite dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakn model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang terdiri dari 9 langkah meliputi (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk Akhir. Hasil presentase validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 96% validasi ahli media diperoleh presentase sebesar 95 29% dan uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil post test menujukkan bahwa nilai kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa media mobile learning berbasis ispring suite pada mata pelajaran korespondensi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media mobile learning berbasis ispring suite.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/312840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |