Efektivitas iklan televisi terhadap ekuitas merek ice cream Wall's Magnum (Stdu kasus pada mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajeman FE UM) / Tantri Wulanputih - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas iklan televisi terhadap ekuitas merek ice cream Wall's Magnum (Stdu kasus pada mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajeman FE UM) / Tantri Wulanputih

Wulanputih, Tantri (2012) Efektivitas iklan televisi terhadap ekuitas merek ice cream Wall's Magnum (Stdu kasus pada mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajeman FE UM) / Tantri Wulanputih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Iklan Televisi Isi Pesan Struktur Pesan Format Pesan Sumber Pesan Ekuitas Merek. Komunikasi pemasaran menggunakan iklan dengan media televisi masih dianggap sebagai cara paling efektif untuk mempresentasikan unsur-unsur bauran pemasaran karena pola masyarakatnya dapat dikatakan brand minded dimana merek yang pernah muncul di iklan televisi lebih direspon positif daripada yang tidak diiklankan di televisi. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan preferensi nilai terhadap merek. Nilai terhadap merek dapat timbul dari citra merek maupun kesadaran merek. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi persepsi iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) terhadap ekuitas merek ice cream Wall s Magnum pada mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajemen FE UM (2) efektivitas iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) terhadap pembentukan ekuitas merek ice cream Wall s Magnum pada mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajemen FE UM. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2011/2012 Jurusan Manajemen FE UM yang pernah menonton tayangan iklan ini yaitu sebanyak 195 mahasiswi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik multy stage sampling yang terdiri atas cluster sampling proportional sampling dan random sampling untuk menyebarkan kuisioner yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2012. Kuisioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuisioner tertutup menggunakan skala Likert (Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju). Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) responden yang menyatakan cukup setuju terhadap pengaruh isi pesan menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 43% responden (2) responden yang menyatakan setuju terhadap pengaruh struktur pesan menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 36% responden (3) responden yang menyatakan cukup setuju terhadap pengaruh format pesan menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 47% responden (3) responden yang menyatakan cukup setuju terhadap pengaruh sumber pesan menduduki peringkat tertinggi yaitu sebanyak 43% responden. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara isi pesan struktur pesan dan format pesan secara parsial terhadap ekuitas merek pada ice cream Wall s Magnum sedangkan sumber pesan tidak berpengaruh (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan iklan televisi secara simultan terhadap ekuitas merek pada ice cream Wall s Magnum (3) Sub variabel format pesan memiliki nilai Sumbangan Efektif (SE) paling besar yaitu 28 5%. Iklan televisi mempengaruhi ekuitas merek sebesar 52 2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan pada iklan televisi ice cream Wall s Magnum telah berhasil menciptakan ekuitas merek yang baik (2) iklan televisi yang terdiri dari isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan secara simultan efektif pengaruhnya dalam pembentukan ekuitas merek ice cream Wall s Magnum dan konsumen mempunyai persepsi yang baik mengenai ekuitas merek Wall s Magnum tersebut (3) isi pesan struktur pesan maupun format pesan yang dirancang sedemikian rupa oleh produsen dalam iklan televisi Wall s Magnum efektif pengaruhnya dalam pembentukan ekuitas merek Wall s Magnum. Sedangkan sumber pesan yang membawakan iklan tersebut justru tidak efektif pengaruhnya dalam pembentukan ekuitas merek produk tersebut (4) jika dibandingkan dengan isi pesan struktur pesan dan sumber pesan variabel format pesan memiliki pengaruh paling dominan terhadap ekuitas merek Wall s Magnum pada mahasiswa jurusan Manajemen FE UM. Saran yang dapat ditujukan pada produsen ice cream Wall s Magnum berdasarkan dari hasil dari penelitian ini yaitu (1) Iklan televisi dalam penyajiannya perlu dipertimbangkan untuk merancang iklan versi Indonesia dengan membawa brand ambassador-nya yaitu Marissa Nasution. Dengan begitu calon konsumen akan lebih tertarik dengan penayangan iklan televisi sehingga komunikasi pemasaran dapat tersampaikan dengan baik. (2) Perlu diperhatikan dalam keefektivan iklan yang dirancang karena selain menarik konsumen akan lebih memperhatikan suatu iklan yang singkat padat serta jelas isi dan maksudnya dibandingkan dengan iklan yang terlalu panjang. Sehingga konsep iklan baik dari isi pesan struktur pesan maupun format pesan harus dirancang seefektif mungkin agar komunikasi pemasaran dapat tersampaikan dengan baik pula. (3) Untuk pembentukan ekuitas merek yang lebih baik produsen perlu memperhatikan faktor lain selain iklan televisi word of mouth. Karena issu tentang kandungan lemak babi yang menjadi perbincangan sempat menurunkan brand image Wall s Magnum. (4) Selain melalui periklanan mempublikasikan merek kepada khalayak melalui acara-acara sponsorship juga perlu diperhatikan agar memberikan dedikasi terhadap pembentukan ekuitas merek dan lebih mendekatkan diri pada calon konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31284

Actions (login required)

View Item View Item