Pengembangan media pembelajaran berbantuan i-spring dapat meningkatkan hasil belajar siswa di smk / Lentera Auliatul Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan i-spring dapat meningkatkan hasil belajar siswa di smk / Lentera Auliatul Inayah

Inayah, Lentera Auliatul Inayah (2024) Pengembangan media pembelajaran berbantuan i-spring dapat meningkatkan hasil belajar siswa di smk / Lentera Auliatul Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan tekonologi pada era globalisasi tidak bisa dihindari terhadap dunia pendidikan. Kemajuan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk menciptakan sistem pembelajaran yang lebih aktif. Pemilihan perangkat pembelajaran yang tepat seperti media pembelajaran adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbantuan i-spring yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta telah diuji cobakan pada 6 siswa sebagai kelompok kecil dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MP-B di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) dari Borg amp Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahapan penelitian. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli media ahli materi dan siswa kelas X MP-B SMK Cendika Bangsa Kepanjen yang terbagi dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-Test serta data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran berbantuan i-spring pada mata pelajaran manajemen perkantoran dan layanan bisnis telah dinyatakan ldquo Sangat Valid rdquo dengan rata-rata persentase 92% oleh validator dan uji coba kelompok kecil sehingga produk berupa media pembelajaran berbantuan i-spring dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta bermanfaat sebagai alat bantu proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312798

Actions (login required)

View Item View Item