Analisis perbedaan hari perdagangan terhadap return saham: pengujian monday effect, week four effect, dan April effect di BEI (studi pada perusahaan LQ-45 periode 2007 sampai dengan 2008) / Sonya Ayu Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan hari perdagangan terhadap return saham: pengujian monday effect, week four effect, dan April effect di BEI (studi pada perusahaan LQ-45 periode 2007 sampai dengan 2008) / Sonya Ayu Anggraini

Anggraini, Sonya Ayu (2012) Analisis perbedaan hari perdagangan terhadap return saham: pengujian monday effect, week four effect, dan April effect di BEI (studi pada perusahaan LQ-45 periode 2007 sampai dengan 2008) / Sonya Ayu Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hari Perdagangan Return Saham Monday Effect Week Four Effect April Effect. Pasar modal menjadi salah satu alternatif sumber pendanaan di luar sistem perbankan yang dapat memberikan dana dengan cara relatif lebih mudah. Informasi yang tercermin dalam harga saham akan menentukan bentuk pasar efisien yang dapat dicapai. Hipotesis pasar yang efisien atau efficient market hypothesis sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang menarik di bidang keuangan masih ada pro dan kontra di kalangan praktisi dan akademisi bidang keuangan tentang hipotesis pasar yang efisien. Di satu sisi terdapat banyak penelitian memberikan bukti empiris yang mendukung konsep pasar yang efisien. Namun disisi lain muncul sejumlah penelitian yang menyatakan adanya anomali pasar yang merupakan penyimpangan terhadap hipotesis pasar yang efisien. Variabel dalam penelitian ini adalah return saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan return yang signifikan antar hari perdagangan (Monday effect) antar minggu perdagangan (Week-four effect) antar bulan perdagangan (April effect). Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ 45 yang berjumlah 66 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2008. Sampel yang diambil sebanyak 20 perusahaan yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui akses internet dengan situs www.idx.co.id dan www.finance.yahoo.com. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis Analysis of Variance one sample t test independent sample t test dengan bantuan program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan return yang signifikan antar hari perdagangan (Monday effect) antar minggu perdagangan (Week-four effect) antar bulan perdagangan (April effect). Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah (1) bagi peneliti lain peneliti yang tertarik dalam mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menambah variabel lain dan menggunakan sampel perusahaan yang lain serta menambah periode penelitian (2) bagi calon investor dapat memberikan informasi agar investor saham bisa melakukan transaksi jual-beli saham kapanpun tanpa perlu memperhatikan hari perdagangan tertentu sebab return saham antar hari perdagangan minggu perdagangan maupun bulan perdagangan tidak berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31279

Actions (login required)

View Item View Item