Pengembangan media pembelajaran berbantuan android menggunakan aplikasi mindmanager untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perbekalan (studi pada mahasiswa program studi s1 pendidikan administrasi perkantoran universitas negeri malang) / Lia Agustin Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan android menggunakan aplikasi mindmanager untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perbekalan (studi pada mahasiswa program studi s1 pendidikan administrasi perkantoran universitas negeri malang) / Lia Agustin Rahmawati

Rahmawati, Lia Agustin Rahmawati (2024) Pengembangan media pembelajaran berbantuan android menggunakan aplikasi mindmanager untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perbekalan (studi pada mahasiswa program studi s1 pendidikan administrasi perkantoran universitas negeri malang) / Lia Agustin Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar mengajar saat ini dibantu oleh media pembelajaran yang pada dunia pendidikan melalui media mobile phone atau gadget dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan. Mengacu pada hasil wawancara serta observasi memperlihatkan hasil bahwa keaktifan belajar mahasiswa masih tidak optimal karena terbatasnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbantuan Android menggunakan aplikasi Mindmanager untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. (2) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbantuan Android menggunakan aplikasi Mindmanager dengan dilakukannya validasi oleh validator ahli media dan ahli materi. (3) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbantuan Android menggunakan aplikasi Mindmanager dan memperoleh umpan balik berupa tanggapan mengenai media pembelajaran tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang terdiri 8 tahapan yakni (1) Potensi serta masalah (2) Penghimpunan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Produk akhir. Hasil akhir yang diperoleh ialah media pembelajaran berbantuan Android menggunakan aplikasi Mindmanager. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo sehingga bisa diambil simpulan bahwa media pembelajaran berbantuan Android menggunakan aplikasi Mindmanager layak dipakai sebagai penunjang pembelajaran. Perihal ini merujuk pada hasil validasi oleh ahli media yang bernilai 92 72% validasi ahli materi bernilai 97 33% serta uji coba kelompok kecil memperoleh bernilai 91 51% sehingga media pembelajaran ini layak dipakai. Hasil analisis keaktifan belajar mahasiswa dengan uji Independent T-Test mendapat sig. (2.-tailed) yakni 0 004 lt 0 05 maka H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan dari rata-rata keaktifan belajar mahasiswa sebelum dan sesudahnya. Sebaiknya penggunaan aplikasi Mindmanager tidak terbatas pada satu sub-pembahasan saja namun dapat juga digunakan untuk membuat mind mapping pada sub pembahasan lainnya. Untuk lebih mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi mindmanager diharapkan bisa untuk mata kuliah yang lainnya dengan memperhatikan hal berikut ini agar materi yang disuguhkan dalam produk pengembangan ini dapat diperbarui sesuai dengan materi yang dibutuhkan dalam pembelajaran agar dapat menarik minat belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312787

Actions (login required)

View Item View Item