Pengaruh konflik peran terhadap kinerja melalui stres kerja (studi pada perawat RS Aisyiyah Bojonegoro) / Ahmad Riskhi F.R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konflik peran terhadap kinerja melalui stres kerja (studi pada perawat RS Aisyiyah Bojonegoro) / Ahmad Riskhi F.R.

Riskhi F.R., Ahmad (2012) Pengaruh konflik peran terhadap kinerja melalui stres kerja (studi pada perawat RS Aisyiyah Bojonegoro) / Ahmad Riskhi F.R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konflik Peran Stres Kerja Kinerja Rumah sakit merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan maka rumah sakit perlu menjaga kualitas layanannya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Kualitas pelayanan dapat tercermin dari kerja pegawai rumah sakit. Sukses stau tidaknya suatu perusahaan dapat dilihat dari kinerja yang ditampilkan para karyawannya. Oleh karena itu suatu perusahaan akan selalu menuntut para karyawan untuk bekerja secara optimal karena baik buruknya kinerja karyawan akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Konflik peran dan stres kerja yang tinggi akan membuat kinerja karyawan menurun. Menurunnya kinerja tentu akan mempengaruhi layanan kesehatan kepada masyarakat.Permasalahan mengenai kinerja merupakan permasalahan yang akan selalu dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena itu permasalahan tersebut harus selalu dicari solusinya agar nantinya didapatkan mutu pelayannan yang baik serta pasien merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi koflik peran stres kerja dan kinerja pada RS Aisyiyah Bojonegoro. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana pengaruh antar variabel bebas (konflik peran) terhadap variabel terikat (kinerja) melalui variabel intervening (stres kerja). Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianekspalanatori.Populasi yang digunakanadalahperawat RS Aisyiyah Bojonegoro yang berjumlah 116.Dari 116 perawatdiambilsampel86 perawatberdasarkanteknikpurposive sampling.Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi kuesioner wawancara dan dokumentasi. Data penelitiandianalisisdenganmenggunakananalisisregresi linear berganda. Hasilanalisisdiketahuikondisi konflik peran yang sangat rendah stres kerja yang rendah dan kinerja yang tinggi pada perawat RS Aisyiyah Bojonegoro. Sselain itu hasil analisis diketahui bahwakonflikperanberpengaruhnegatifterhadapkinerja. Variabel konflik peran berpengaruh positif terhadap stres kerja. Sedangkanvariabelstreskerjasignifikannegatifterhadapkinerja. Saran yang dapatdikemukakansehubungandenganhasilpenelitianiniadalah (1) BagiRumahsakitharusselalumemperhatikankeadaanstres dan konflik yang dialami oleh perawatnya karena hal itu akan mempengaruhi kinerja perawat. Suksesstautidaknyasuatuperusahaandapatdilihatdarikinerja yang ditampilkanparakaryawannya karenabaikburuknyakinerjakaryawanakanmempengaruhikinerjaperusahaansecarakeseluruhan. (2) Bagipenelitiselanjutnyadiharapkanagar menambahkan variabel lain agar penelitian selanjutnya lebih bervariasi untuk kemudian disempurnakan. Peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain seperti iklim organisasi dukungan organisasi keterlibatan organisasi atau lama bekerja yang kemungkinan masih memiliki pengaruh terhadap stres kerja dan kinerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item