Meningkatkan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan media canva / Ahmad Ghufron - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan media canva / Ahmad Ghufron

Ahmad Ghufron (2023) Meningkatkan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan media canva / Ahmad Ghufron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk menjawab dua pertanyaan (a) Apakah model Pembelajaran Berbasis Maslah (PBL) mendorong keterlibatan aktif baik dari guru dan peserta didik (b) Apakah Model PBL membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis . Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan objek berjumlah 35 peserta didik terdiri dari 34 perempuan dan 1 laki-laki kelas XI MP 3 SMKN 2 Blitar. Data penelitian dihasilkan dari postest berpikir kritis lembar pengamatan atau observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Pertama keterampilan berpikir kritis peserta didik berkembang seiring berjalannya waktu dari 69% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Kedua aktivitas guru pada siklus I sebesar 75% sedangakan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Ketiga aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan presentase 63% serta pada siklus II meningkat menjadi 79%. Dari hasil yang sudah dipaparkan maka proses pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312755

Actions (login required)

View Item View Item