Kusumawati, Anggun Putri Kusumawati (2023) Pengembangan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis kelas x manajemen perkantoran dan layanan bisnis (mplb) (smk cendika bangsa kepanjen kabupaten malang) / Anggun Putri Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kusumawati Anggun. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Kelas X Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis (MPLB) (SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) Skripsi Departemen Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Penilaian Autentik Kognitif Psikomotorik Penilaian Autentik merupakan proses penilaian belajar yang dapat memberikan hasil secara tepat dan akurat secara konsisten dan berkelanjutan dimana peserta didik memperoleh pengalaman langsung di dunia nyata. Dengan adanya instrumen penilaian autentik guru dapat dengan mudah menilai peserta didik dalam pembelajaran di setiap elemen materinya dan peserta didik mendapatkan penilaian yang objektif adil terpadu dan sistematis. Penilaian di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang sendiri masih menggunakan penilaian manual atau belum ada penilaian yang autentik dalam menilai peserta didiknya. Sehingga guru sulit untuk menilai peserta didik dalam aspek kognitif maupun aspek psikomotorik begitu juga dengan peserta didik kurang antusias merasa bosan dan mengantuk dalam mengerjakan tugas dari guru. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis (elemen materi peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran) (2) Menguji kelayakan instrumen penilaian autentik kognitif dan psikomotorik melalui validasi ahli isi dan ahli konstruk pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development dari Borg and Gall. Berdasarkan langkah-langkah dalam penelitin dan pengembangan yang telah dimodifikasi oleh peneliti Terdapat Langkah-Langkah Sebagai Berikut (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Terbatas (7) Revisi Hasil Uji Coba (8) Uji Pelaksanaan Lapangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pengembangan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis kelas X manajemen perkantoran dan layanan bisnis (MPLB) di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Produk penelitian dan pengembangan yang dihasilkan melalui tahapan penelitian sehingga dapat dihasilkan produk yang layak. Hasil penelitian dan pengembangan (1) Validasi Instrumen oleh Ahli Penilaian menyatakan bahwa instrumen penilaian ldquo sangat valid rdquo digunakan (2) Validasi Instrumen oleh Ahli Materi menyatakan bahwa instrumen penilaian ldquo sangat valid rdquo digunakan (3) Tanggapan Guru terhadap instrumen dan Tanggapan Peserta didik terhadap LKS juga menyatakan bahwa instrumen ldquo sangat layak rdquo digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/312753 |
Actions (login required)
View Item |