Modul ajar berbasis problem bassed learning (pbl) dapat meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Lukman Saifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Modul ajar berbasis problem bassed learning (pbl) dapat meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Lukman Saifudin

Saifudin, Muhammad Lukman Saifudin (2023) Modul ajar berbasis problem bassed learning (pbl) dapat meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Lukman Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan bahan ajar sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas. Keterbatasan bahan ajar mengurangi kemampuan kognitif akibatnya pembelajaran kurang efektif dan menyebabkan siswa kehilangan minat belajar. Maka penelitian ini dilakukan untuk menyediakan modul pembelajaran Humas dan Keprotokolan dengan model Problem Based Learning bagi siswa kelas XI SMKN 1 Jombang. Hal itu dilakukan guna peningkatan hasil belajar siswa serta perbaharuan bahan ajar pasca covid. Metode pengembangan ADDIE (Analysis Design Development or Production Implementation Evaluation) digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui wawancara bersama guru dan siswa serta penilaian angket. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan modul pembelajaran berguna dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatnya kemampuan kognitif dari siswa setelah mereka mempelajari modul dan mengerjakan soal di dalamnya. Modul pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti menarik spesifik dan lengkap sehingga membuat siswa lebih tertarik dalam belajar. Validasi ahli media ahli materi dan uji coba pada siswa juga mendukung kelayakan produk hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312752

Actions (login required)

View Item View Item