Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran (Studi kasus pada perusahaan sepatu bola Terus Maju di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan) / Risky Rochmadilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran (Studi kasus pada perusahaan sepatu bola Terus Maju di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan) / Risky Rochmadilah

Rochmadilah, Risky (2012) Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran (Studi kasus pada perusahaan sepatu bola Terus Maju di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan) / Risky Rochmadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis SWOT Strategi Pemasaran Semua perusahaan baik yang berskala besar maupun yang bersekala kecil tentunya akan membidik agar mampu menjadi pemimpin pasar namun demikian setiap perusahaan memiliki pertimbangan tersendiri untuk menempatkan posisinya didalam pasar. Penempatan perusahaan pada kelas atau posisi pasar ini didasarkan pada analisis internal dan eksternal perusahaan analisis internal berupa kekuatan dan kelemahan perusahaan sedangkan analisis eksternal berupa peluang dan ancaman. Analisis ini sering disebut sebagai analisis SWOT (strength kekuatan) (weakness kelemahan) (opportunity peluang) dan (threat ancaman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimanakah strategi perusahaan saat ini (2) bagaimanakah pilihan alternatif strategi pemasaran saat ini (3) bagaimanakah alternatif pilihan strategi berdasarkan analisis SWOT (4) bagaimanakah pilihan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT. Pendekatan yang akan peneliti gunakan adalah studi kasus di perusahaan melihat fenomena di perusahaan dengan kondisi masyarakat yang mendukung adanya perusahaan ini karena sebagian besar karyawan perusahaan ini diambil dari masyarakat sekitar. Penelitian ini diharapkan mendapatkan hasil berupa penemuan pola dan strategi yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan tersebut serta perusahaan-perusahaan kecil berskala home industri. Strategi yang diterapkan oleh perusahaan sepatu bola Terus Maju saat ini cenderung menerapkan strategi yang masih bersifat tradisional. Perusahaan hanya terfokus untuk menjaga produksi agar perusahaan tetap bertahan hidup. Perusahaan sepatu bola Terus Maju saat ini memiliki alternatif strategi pemasaran selain memasok pesanaan yang ada perusahaan memanfaatkan para konsumen akhir yang membeli produk secara langsung di perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada orang lain. Hasil analisis matrik IFE EFE dan IE diperoleh (1) perusahaan berada pada sel V yang yang menunjukkan perusahaan berada pada masa pertumbuhan dan mendukung strategi penetrasi pasar maupun pengembangan produk. (2) Perusahaan yang berada pada posisi pertumbuhan akan lebih baik ketika perusahaan tersebut melakukan deferensiasi secara umum atau memfokuskan pada produknya dengan cara penyempurnaan terhadap fasilitas layanan memperbaiki kualitas teknologi dan model-model produk yang bervariasi Menjaga hubungan baik dengan supplier bahan baku menggarap pasar baik pasar lama yang sudah terbentuk maupun pasar yang baru dalam bentuk daerah pemasaran baru atau strategi peningkatan loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan (1) Strategi yang diterapkan oleh perusahan sepatu bola Terus Maju saat ini masih tradisional dan hanya berdasarkan pada kemampuan bisnis yang dimiliki oleh pemilik perusahaan (2) Alternatif strategi pemasaran sebelum melakukan analisis SWOT hanya berlandaskan pada pengalaman yang pernah dilakukan oleh pemilik perusahaan dalam memasarkan produknya (3) Alternatif pilihan strategi berdasarkan analisis SWOT menghasilkan beberapa pilihan alternatif strategi (4) Pilihan strategi pemasaran setelah analisis SWOT perusahaan berada pada sel V yang mendukung strategi penetrasi pasar maupun pengembangan produk. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan sepatu bola Terus Maju adalah (1) Pemilik perusahaan harus melakukan evaluasi diinternal perusahaan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh kelemahan baik internal maupun eksternal. (2) perusahaan lebih pro aktif dalam memanfaatkan peluang yang ada dan memperkecil ancaman. (3) Menjalin komunikasi dan relasi terhadap pihak-pihak terkait yang selama ini belum dilakukan oleh perusahaan agar mempermudah pemilik perusahaan dalam mengembangkan perusahaan tersebut. (4) Memperbaiki proses pencatatan keuangan dan mengurus izin usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31271

Actions (login required)

View Item View Item