Analisis kebijakan rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan Frontliner dalam rangka mendapatkan karyawan yang berkompeten (Studi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Malang) / Siti Umairoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebijakan rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan Frontliner dalam rangka mendapatkan karyawan yang berkompeten (Studi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Malang) / Siti Umairoh

Umairoh, Siti (2012) Analisis kebijakan rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan Frontliner dalam rangka mendapatkan karyawan yang berkompeten (Studi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Malang) / Siti Umairoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Rekrutmen seleksi frontliner penugasan kerja outsourcing Karyawan frontliner perbankan seperti teller customer services penerima telepon dan satpam memiliki peran penting bagi sistem layanan karena mereka berinterkasi langsung dengan pelanggan. Bank Rakyat Indonesia sebagai micro banking terbesar di Indonesia memiliki perhatian yang besar terhadap kualitas layanan. Sehingga Bank Rakyat Indonesia perlu untuk memiliki karyawan frontliner yang berkompeten hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan program rekrutmen dan seleksi yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan frontliner yang ada di lingkungan Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang (2) Efektifitas dari kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan frontliner pada lingkungan Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang (3) Standar Kompetensi karyawan frontliner Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang (4) Kebijakan penugasan kerja karyawan frontliner Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang dan efektifitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan datanya menggunakan key person yakni supervisor SDM khusus rekrutmen Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang melalui wawancara mendalam. Hasil temuan lapangan menyatakan bahwa dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja karyawan frontliner Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang menggunakan jasa outsourcing misalnya PT. Prima Karya Sarana Sejahtera dan PT. Mutual Plus. Namun tidak semua pelaksanaan rekrutmen dan seleksi dilaksanakan oleh vendor mengingat tes performa dan wawancara akhir ditangani oleh pihak BRI Kanwil malang melalui tim seleksi. Akan tetapi juga ada kebijakan dimana BRI Kantor Cabang juga diperbolehkan untuk merekomendasikan nama untuk dijadikan karyawan frontliner melalui rekrutmen dan seleksi awal setelah mendapat izin dari BRI Kantor Wilayah. Sedangkan untuk mendapatkan karyawan frontliner yang berkompeten Bank Rakyat Indonesia Kanwil Malang memiliki pedoman standar kompetensi sedangkan penugasan kerjanya Bank Rakyat Indonesia memiliki kebijakan yang cukup fleksibel dengan memberikan penawaran terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan pemenuhan tenaga kerja karyawan frontliner melalui outsourcing telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan perundangan yang ditetapkan akan tetapi Bank Rakyat Indonesia perlu mengkaji ulang tentang posisi teller dalam outsourcing mengingat teller termasuk dalam jenis pekerjaan yang beresiko tinggi dan secara teori teller merupakan salah satu kegiatan dalam cakupan core business yakni mengumpulkan dana dari masyarakat. Meskipun pada dasarnya teller bukanlah jenis pekerjaan yang terkait dalam pengambilan keputusan dan jenis pekerjaan penunjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item