Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Studi kasus di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Area Malang) / Deas Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Studi kasus di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Area Malang) / Deas Muhammad

Muhammad, Deas (2012) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Studi kasus di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Area Malang) / Deas Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Budaya Organisasi Kinerja PT Telkom Sumber daya manusia merupakan aset terpenting organisasi karena perannya sebagai pelaksana kebijakan dan kegiatan operasional organisasi. Tanpa sumber daya manusia yang berkinerja optimum sumber daya organisasi yang ada tidak bisa memberikan hasil yang optimum. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan salah satunya adalah budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi sebagai variabel bebas meliputi inovasi dan keberanian mengambil resiko perhatian pada detil berorientasi pada hasil berorientasi pada manusia berorientasi pada tim agresivitas dan stabilitas. Sedangkan kinerja pegawai sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai PT Telkom Indonesia Tbk Area Malang yang berjumlah 125 pegawai. Sedangkan pengambilan sampel berjumlah 95 pegawai. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Setelah melalui proses pengolahan data analisis linier berganda hasil penelitian menunjukkan (1) inovasi dan toleransi menunjukkan tingkat signifikansi 0 758 yang berarti tidak signifikan mempengaruhi kinerja (2) perhatian pada detil menunjukkan tingkat signifikansi 0 024 yang berarti signifikan mempengaruhi kinerja (3) orientasi hasil menunjukkan signifikansi 0 876 yang berarti tidak signifikan mempengaruhi kinerja (4) orientasi pada manusia menunjukkan signifikansi 0 016 yang berarti signifikan mempengaruhi kinerja (5) orientasi pada tim menunjukkan signifikansi 0 018 yang berarti signifikan mempengaruhi kinerja (6) agresivitas menunjukkan signifikansi 0 038 yang berarti signifikan mempengaruhi kinerja (7) Stabilitas menunjukkan signifikansi 0 000 yang berarti signifikan mempengaruhi kinerja. Untuk uji F didapatkan nilai Fhitung sebesar 30 537 dengan signifikansi 0 000. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara inovasi dan keberanian mengambil resiko terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian pada detil terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (3) Terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara berorientasi pada hasil terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang.(4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara berorientasi pada manusia terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara berorientasi pada tim terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (6) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara agresifitas terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (7) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara stabilitas terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. (8) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Area Malang. Saran yang dapat peneliti berikan bagi PT Telkom Indonesia Tbk Area Malang adalah (1) Hendaknya PT Telkom Indonesia Tbk area Malang memberikan pelatihan pada pegawai yang sudah lama bekerja untuk meningkatkan kompetensinya. (2) PT Telkom Indonesia Tbk Area Malang hendaknya merekrut pegawai yang berpendidikan lebih tinggi agar bisa berkinerja lebih baik. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar meneliti tentang variabel inovasi dan keberanian mengambil resiko serta meneliti variabel berorientasi pada hasil agar menemukan jawaban yang lebih jelas mengenai kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item