Aprilia, Anita Ika (2012) Pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli handphone merek Nokia (Studi pada siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro) / Anita Ika Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci brand image harga keputusan pembelian. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat sekarang ini para pemasar dituntut untuk terus berusaha mempertahankan kesetiaan konsumen. Peningkatan taraf hidup dan gaya hidup konsumen sangat beragam yang membuat perusahaan harus dapat menciptakan produk yang kreatif dan inovatif serta perusahaan juga harus dapat melakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk. Perkembangan teknologi yang berkembang saat ini yaitu perkembangan teknologi informatika khususnya teknologi komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi alat komunikasi yang digunakan tidak sesederhana dulu lagi tetapi sudah menjadi alat komunikasi yang canggih. Dalam hal ini perusahaan harus lebih memperhatikan (citra merek) brand image dan dalam hal penetapan harga suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel Brand image (citra merek) dan harga yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini mempuyai tiga variabel yaitu dua variabel bebas brand image (X1) dan harga (X2) sedangkan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kausalitas. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh brand image dan harga secara parsial terhadap keputusan siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro dalam membeli handphone Nokia serta mengetahui variabel dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro yang menggunakan handphone Nokia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) gambaran brand image harga dan keputusan pembelian handphone Nokia pada siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro (2) ada pengaruh positif yang signifikan brand image terhadap keputusan siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro dalam membeli handphone Nokia (3) ada pengaruh positif yang signifikan harga terhadap keputusan siswa SMA Negeri 3 Bojonegoro dalam membeli handphone Nokia (4) Brand Image adalah faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian handphone Nokia. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada perusahaan Nokia (1) Diharapkan perusahaan bisa lebih meningkatkan citra merek (brand image) handphone Nokia dimata konsumen dan mengetahui keinginan konsumen serta memperhatikan dalam menetapkan harga handphone Nokia (2) sebaiknya perusahaan Nokia juga harus memperhatikan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini guna menarik konsumen lainnya. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya peneliti menyarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |