Hubungan persepsi tentang kualitas jasa pendidikan dengan kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ardila Rubiku Jack Kusuma Jaya

Ardila Rubiku Jack Kusuma Jaya (2009) Hubungan persepsi tentang kualitas jasa pendidikan dengan kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ardila Rubiku Jack Kusuma Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Layanan pendidikan yang telah diberikan saat ini sudah baik tetapi sering terjadi perbedaan persepsi antara harapan mahasiswa dengan persepsi pemberi layanan pendidikan, sehingga sering terjadi ketidakpuasan terhadap mahasiswa. Ketidakpuasan mahasiswa terjadi, ketika mereka sudah merasakan untuk beberapa waktu pelayanan pendidikan yang diberikan. Hasil persepsi mahasiswa yang terbentuk dari kebutuhan personal, informasi mulut kemulut, dan promosi tidak sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Memperhatikan seluk-beluk kegiatan pemberian jasa yang berlangsung di Jurusan Administrasi Pendidikan maka peneliti mengambil judul ÔÇ£Hubungan Persepsi Tentang Kualitas Jasa Pendidikan Dengan Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan di Jurusan Administrasi Pendidikan; (2)Mengetahui seberapa tingkat tingginya kepuasan mahasiswa tentang jasa pendidikan di Jurusan Administrasi Pendidikan;(3)Mengetahui seberapa tinggi hubungan kualitas jasa pendidikan dengan kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 169 mahasiswa yang terdistribusi dalam kelompok berdasarkan angkatan didapat 27 mahasiswa mewakili angkatan 2003, 46 mahasiswa angkatan 2004, 41 mahasiswa angkatan 2005, dan 55 angkatan 2006 Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket sedangkan analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Bukti fisik, Keandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan, hanya dimensi empati yang secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan. Tetapi kelima dimensi ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan jika diukur secara simultan, dari hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap dimensi tidak bisa berdiri sendiri sebagai faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan tetapi kelima dimensi ini saling berkaitan. Dari penelitian ini penulis memberi saran(1) Bagi Jurusan AP yaitu bisa mempertahankan pelayanan yang diberikan secara konsisten serta bisa mendukung dan mengembangkan kreatifitas serta prestasi mahasiswanya baik dibidang akademik maupun nonakademik, serta menambah program dan jumlah rekanan untuk bekerjasama memberi kesempatan kepada mahasiswanya merasakan iklim dunia kerja. (2)Bagi mahasiswa yaitu Menggunakan dan menjaga segala fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh jurusan dengan baik dan bertanggung jawab serta berupaya untuk berprestasi secara akademik maupun nonakademik dan terus memberi masukan dan saran kepada pihak Jurusan AP. (3) Bagi Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu melakukan pengukuran tentang kualitas jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa perjurusan secara periodik (4) Bagi Universitas Negeri Malang melakukan pengukuran tentang kualitas jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa perfakultas secara periodik (5) Bagi Peneliti lain yaitu melakukan dengan lebih mendalam dengan menggunakan teknik penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item