Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian shampo pantene (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Stepfanie Yuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian shampo pantene (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Stepfanie Yuanita

Yuanita, Stepfanie (2012) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian shampo pantene (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Stepfanie Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci faktor keputusan pembelian shampo Pantene. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian shampo Pantene (2) untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian shampo Pantene. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplorasi melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna shampo Pantene pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling dengan jumlah sebanyak 174 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Kuesioner disusun dalam bentuk skala likert dan data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis faktor . Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian shampo Pantene adalah faktor produk dengan eigenvalue 6 477 dan variance 21 589% faktor promosi dengan eigenvalue 3 376 dan variance 11 254% faktor pengalaman dengan eigenvalue 2 822 dan variance 9 408% faktor diskon dan hadiah dengan eigenvalue 2 310 dan variance 7 701% faktor harga dengan eigenvalue 1 739 dan variance 5 798% faktor desain kemasan dengan eigenvalue 1 614 dan variance 5 379% faktor kemasan dengan eigenvalue 1.459 dan variance 4 863% faktor merek dengan eigenvalue 1 167 dan variance 3 889% dan faktor bintang iklan dengan eigenvalue 1 117 dan variance 3 723%. Dari keseluruhan faktor tersebut faktor produk merupakan faktor yang paling dominan karena memiliki eigenvalue tertinggi 6 477 dan variance 21 589%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan 1) Produsen diharapkan menambah keharuman aroma shampo Pantene 2) meningkatkan pemasaran langsung dengan memanfaatkan kelompok acuan 3) meningkatkan kualitas shampo 4) memberikan hadiah yang semakin menarik 5) mempertahankan tingkat harga 6) menghasilkan bentuk kemasan yang indah 7) menyediakan berbagai ukuran kemasan sesuai kebutuhan konsumen 8) lebih mempromosikan shampo Pantene dan membuat ciri khas tersendiri 9) tetap memakai bintang iklan yang sudah menjadi brand ambassador shampo Pantene. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah dapat mencari faktor maupun variabel lain yang diteliti yang diduga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian shampo Pantene. Apalagi berminat untuk mengembangkan studi ini maka diharapkan untuk memperdalam kajian tersebut dengan melanjutkan pada analisis lanjutan seperti analisis regresi linier berganda diskriminan ataupun cluster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31252

Actions (login required)

View Item View Item