Perbedaan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang / Yuni Andari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang / Yuni Andari

Yuni Andari (2009) Perbedaan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang / Yuni Andari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang sangat komplek dalam perkembangan di berbagai bidang atau aspek kehidupan. Pemerintah telah melalukan berbagai upaya untuk melaksanakan tujuan tersebut dengan peningkatan mutu pendidikan nasional. Pancasila sebagai pemersatu kemajemukan masyarakat pancasila juga sebagai pandangan hidup bangsa. Segala tingkah laku masyarakat Indonesia bercermin pada pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945). Salah satu usaha untuk memajukan kebudayaan dapat dilakukan dengan membina dan mengembangkan disiplin nasional yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Disiplin yang lahir dari rasa sadar rasa insaf akan membuat sesorang itu melaksanakan hal-hal yang tertib teratur lancar tanpa orang lain harus mengarahkan menyuruh mengawasi atau menertibkan. Menurut Gie dalam Imron (1995) disiplin adalah suatu keadaan tertib dimana orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang hati. Adakala disiplin tidak dapat berjalan dengan baik hal ini dikarenakan berbagai faktor seperti siswa sendiri keluarga teman sebaya lingkungan sosial dan tidak menutup kemungkinan sekolah atau lembaga pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) seberapa tingkat penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang (2) seberapa tingkat penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang dan (3) adakah perbedaan tingkat penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang . Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang dan (3) mendeskripsikan perbedaan penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Rancangan penelitin ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden penelitian sebanyak 90 orang . Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yaitu rancangan penelitian untuk mengetahui persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan tentang benda-benda tentang orang tentang prosedur kerja tentang ide-ide kritik terhadap orang kelompok terhadap suatu ide atau prosedur kerja (Arikunto 2006). Sedangkan angket yang digunakan adalah angket tertutup. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Uji T untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan. Hasil penelitian tentang teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP berdasarkan teknik pembinaan dari luar diketahui sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 22 (50 0%) berdasarkan teknik pembinaan dari dalam sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 27 (61 5%) dan berdasarkan teknik pengendalian kooperatif sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 21 (24 7%). Sedangakan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru MTs berdasarkan teknik pembinaan dari luar diketahui sebagian besar dalam kategori sangat tinggi 32 (69 6%) berdasarkan teknik pembinaan dari dalam sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 37 (80 4%) dan berdasarkan teknik pengendalian kooperatif sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 23 (50 0%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang adalah dalam kategori tinggi (2) penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang adalah dalam kategori tinggi dan (3) tidak ada perbedaan antara penerapan teknik pembinaan disiplin siswa oleh guru SMP dan MTs di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Sedangkan berdasarkan kesimpulan maka saran yang dapat disampaikan adalah (1) bagi Kepala SMP/MTs hendaknya tetap dapat mempertahankan penerapan teknik pembinaan disiplin dan terus meningkatkan penerapan teknik pembinaan disiplin agar dapat mencapai kualifikasi sangat tinggi (2) bagi guru hendaknya terus meningkatkan teknik pembinaan disiplin yang telah dijalankan mengembangkan penanganan masalah disiplin serta menegakkan disiplin di dalam maupun di luar kelas (3) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan lebih dapat lagi menyediakan referensi mengenai pengelolaan kelas atau manajemen kelas dan yang terakhir (4) bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan bandingan apabila diadakan penelitian serupa pada sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item