Pengaruh faktor psikologis terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop merek Toshiba (Studi pada penggunan fasilitas Hostpot Cafe Tutu Demas Malang) / Dini Nur Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop merek Toshiba (Studi pada penggunan fasilitas Hostpot Cafe Tutu Demas Malang) / Dini Nur Zakiyah

Zakiyah, Dini Nur (2012) Pengaruh faktor psikologis terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop merek Toshiba (Studi pada penggunan fasilitas Hostpot Cafe Tutu Demas Malang) / Dini Nur Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Faktor Psikologis Proses Keputusan Pembelian Pada era globalisasi dan pasar bebas berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin ketat untuk merebut konsumen. Demikian pula yang terjadi pada pasar barang-barang elektronik seperti laptop. Laptop tergolong dalam barang mewah dan laptop termasuk dalam pengambilan keputusan keterlibatan tinggi (high involvement). Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam hal ini faktor yang berasal dari dalam diri seseorang atau psikologi memiliki pengaruh terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran kepercayaan dan sikap) dan keterlibatan konsumen dalam proses keputusan pembelian laptop merek Toshiba pada pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas Malang. (2) Pengaruh faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran kepercayaan dan sikap) secara parsial dan simultan terhadap keterlibatan konsumen dalam proses keputusan pembelian laptop merek Toshiba pada pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas Malang. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (X) yaitu faktor psikologis yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) kepercayaan (X4) sikap (X5) sedangkan variabel terikat (Y) adalah proses keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas yang sedang menggunakan laptop merek Toshiba. Dalam penelitian ini jumlah pengguna fasilitas hotspot Cafe Tutu Demas yang sedang menggunakan laptop Toshiba rata-rata per hari adalah 20 orang sehingga perbulan adalah 600 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kesalahan sampel sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 orang namun peneliti mengembangkan menjadi 90 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan Skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1). Faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran kepercayaan dan sikap) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop Toshiba pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas Malang. (2). Faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran kepercayaan dan sikap) secara secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop Toshiba pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas Malang. (3). Faktor yang berpengaruh dominan terhadap keterlibatan proses keputusan pembelian laptop Toshiba pengguna fasilitas hotspot Caf Tutu Demas Malang adalah motivasi. Saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Saran kepada konsumen sebelum melakukan pembelian laptop diharapkan lebih selektif selain itu lebih memperhatikan fitur-fitur yang memberikan kemudahan dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan sebelum memutuskan pembelian dapat mencari informasi melalui iklan orang-orang terdekat atau wiraniaga. (2) Saran kepada perusahaan yaitu menambah pengetahuan kepada konsumen mengenai produk laptop Toshiba melalui iklan maupun pameran. (3) Saran kepada peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan faktor-faktor yang dikaji dalam penelitiannya karena faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli laptop Toshiba sangat kompleks dan tidak terbatas pada faktor psikologis yang ada dalam penelitian ini saja. Peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitiannya misal faktor pribadi faktor sosial faktor budaya dll. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31245

Actions (login required)

View Item View Item