Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Malang / Manan Hidayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Malang / Manan Hidayanto

Hidayanto, Manan (2012) Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas peserta didik pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Malang / Manan Hidayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualitas Jasa Loyalitas Peserta Didik. Semakin tingginya tingkat kehidupan masyarakat seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi diikuti semakin tingginya tuntutan masyarakat akan pemenuhan sumberdaya manusia yang berkualitas. Salah satu sarana untuk penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas ini adalah melalui sarana pendidikan. Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Malang berupaya sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas jasa yang ditawarkan agar dapat memberikan kepuasan dan sekaligus menumbuhkan loyalitas bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) deskripsi kualitas jasa dan loyalitas peserta didik pada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Malang (2) pengaruh kualitas jasa (X) secara parsial terhadap loyalitas peserta didik (Y) (3) pengaruh kualitas jasa (X) secara simultan terhadap loyalitas peserta didik (Y) (4) subvariabel kualitas jasa yang dominan mempengaruhi loyalitas peserta didik pada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari bukti langsung (X1) keandalan (X2) daya tanggap (X3) Jaminan (X4) Empati (X5) dan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi 121 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 93 orang. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling dan menggunakan accidental sampling. Kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 4 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis statistik regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini adalah sebagian besar responden menyatakan baik terhadap kualitas jasa dan loyal pada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Malang. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial pada (X1) B 0 007 thitung 0 099 sig t 0 921 (X3) B 0 089 thitung 0 929 sig t 0 356 (X4) B 0 012 thitung 0 131 sig t 0 896. Terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial pada (X2) B 0 208 thitung 2 499 sig t 0 014 dan (X5) B 0 298 thitung 2 852 sig t 0 005. Terdapat pengaruh positif yang signifikan (X1) (X2) (X3) (X4) (X5) secara simultan. Subvariabel dominan (X5) B 0 298 dan sumbangan efektif sebesar 49%. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 356. 35 6% loyalitas peserta didik dipengaruhi oleh kualitas jasa 64 4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini kepada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Malang adalah kreatifitas tata letak ruang dan bentuk perabot keandalan dan kemampuan para tentor harus dipertahankan dan terus melakukan inovasi dalam sistem pengajaran peningkatan daya tanggap tentor dan keamanan mempertahankan empati yang telah bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31243

Actions (login required)

View Item View Item