Nanok Triyono (2010) Analisis penggunaan beasiswa mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nanok Triyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan kunci bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam melaksanakan proses pendidikan dibutuhkan dana yang digunakan untuk memperlancar tercapainya tujuan pendidikan dengan kata lain dana sangat berperan penting dalam melaksanakan proses pendidikan. Pemberian beasiswa merupakan langkah maju untuk menanggulangi semakin banyaknya peserta didik putus sekolah karena faktor biaya namun pemberian beasiswa masih banyak terjadi salah sasaran. Beasiswa yang diberikan tidak tepat sasaran dalam artian masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi juga mendapatkan beasiswa sehingga penggunaanya tidak sesuai dengan tujuan semula beasiswa sedangkan masih banyak masyarakat dengan kemampuan ekonomi rendah yang membutuhkan beasiswa. Pemberian beasiswa yang tidak tepat akan berdampak pada penggunaan dana yang diberikan. Beasiswa yang fungsi semula digunakan untuk membantu proses pendidikan disalah gunakan untuk membiayai keperluan diluar pendidikan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Analisis Penggunaan Beasiswa Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang . Masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa di FIP UM ditinjau dari macam beasiswa yang tersedia di UM (2) kebutuhan apa saja yang dibiayai dari dana beasiswa mahasiswa untuk bidang pendidikan (3) berapa besar masing-masing kebutuhan bidang pendidikan yang dibiayai dari beasiswa mahasiswa (4) kebutuhan apa saja yang dibiayai dari dana beasiswa mahasiswa untuk bidang diluar pendidikan (5) berapa besar masing-masing kebutuhan diluar pendidikan yang dibiayai dari beasiswa mahasiswa . Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa di FIP UM ditinjau dari macam beasiswa yang tersedia di UM (2) untuk mengetahui ragam kebutuhan apa saja yang dibiayai dari dana beasiswa mahasiswa untuk bidang pendidikan (3) untuk mengetahui besar masing-masing kebutuhan bidang pendidikan yang dibiayai dari beasiswa mahasiswa (4) untuk mengetahui ragam kebutuhan apa saja yang dibiayai dari dana beasiswa mahasiswa untuk bidang diluar pendidikan (5) untuk mengetahui besar masing-masing kebutuhan diluar pendidikan yang dibiayai dari beasiswa mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mendapat beasiswa periode 2006/2007 dengan jumlah 439 orang mahasiswa. Sedangkan sampel penelitian ini yakni 195 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen pengumpul data adalah teknik angket. Data dianalisis menggunakan analsisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Dari 18 macam jenis beasiswa yang ada di UM sebanyak 13 macam disediakan untuk mahasiswa FIP UM. Periode 2006/2007 jumlah mahasiswa FIP UM yakni 6.072 orang mahasiswa dan yang mendapat beasiswa sebanyak 7 21% atau 439 orang (2) kebutuhan yang dibiayai dari dana beasiswa antara lain untuk membayar SPP membeli alat tulis lengkap membeli buku teks/ buku tulis untuk biaya foto kopi lengkap biaya pelatihan biaya riset/ penelitian biaya praktik bidang studi akses internet biaya pengetikan lengkap dan membeli kertas (3) mahasiswa menggunakan dana beasiswa untuk membiayai segala keperluan dalam bidang pendidikan dengan rincian untuk masing-masing kebutuhan yakni 66 2% untuk membayar SPP 63 5% membeli alat tulis lengkap 68 2% untuk membeli buku teks/ buku tulis 78 9% untuk biaya foto kopi lengkap 26 6% untuk biaya pelatihan biaya riset/ penelitian 37 9% untuk biaya praktik bidang studi 64 6% untuk akses internet 77 4% untuk biaya pengetikan lengkap untuk 61 5% membeli kertas. Selanjutnya (4) beasiswa untuk keperluan non pendidikan antara lain digunakan untuk biaya kesehatan membeli pakaian biaya makan minum jajan biaya kost biaya transportasi membeli baju tas assesoris lain biaya kosmetik lengkap dan untuk keperluan komunikasi (5) mahasiswa menggunakan dana beasiswa untuk membiayai segala keperluan diluar bidang pendidikan dengan rincian untuk masing-masing kebutuhan yakni 25 6% untuk biaya kesehatan 51 7% membeli pakaian 65 1% biaya makan minum jajan 33 3% biaya kost 48 7% biaya transportasi 56 4% membeli baju tas assesoris lain 38 4% biaya kosmetik lengkap dan 66 6% untuk keperluan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian saran ditujukan kepada (1) mahasiswa yaitu mahasiswa hendaknya menggunakan dana yang diberikan dari beasiswa untuk membiayai segala kebutuhan untuk memperlancar proses pendidikan (2) Universitas Negeri Malang terutama Subag. PKM UM yaitu Subag PKM UM hendaknya lebih teliti dalam menentukan penerima beasiswa agar beasiswa lebih tepat sasaran (3) peneliti lain yaitu hasil penelitian ini dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan lebih mengembangkan konsep penelitiannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |