Pengaruh persepsi pelanggan tentang atribut produk terhadap kepuasan pelanggan / Yoga Pramono Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi pelanggan tentang atribut produk terhadap kepuasan pelanggan / Yoga Pramono Putro

Putro, Yoga Pramono (2012) Pengaruh persepsi pelanggan tentang atribut produk terhadap kepuasan pelanggan / Yoga Pramono Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Atribut Produk Kepuasan Pelanggan Perekonomian dunia mengalami perubahan yang radikal dalam dua dekade terakhir. Kemajuan teknologi menyebabkan semakin kaburnya perbedaan jarak geografi dan kultural sehingga mengakibatkan pelaku-pelaku bisnis menghadapi persaingan yang sangat hebat. Kompetisi bisnis telekomunikasi operator seluler di Indonesia tampak semakin intens sebagai akibat dari ekspansi yang dilaksanakan oleh pemain operator telepon seluler lama seperti Telkomsel Indosat dan Excelcomindo serta operator telepon seluler baru Natrindo Telepon Seluler Metrosel dan masuknya pemain raksasa seperti Telkom dengan Telkom Mobile. Berdasarkan kenyataan ini maka penyedia jasa operator seluler tidak akan bisa bertahan hanya dengan melakukan kegiatan usaha secara baik tetapi mereka harus menjalankan usaha secara unggul agar dapat meraih sukses di era kompetisi global ini yang mana konsumen memiliki banyak pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Pelanggan tentang Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Reguler Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dalam menggunakan kartu seluler prabayar IM3 secara parsial maupun secara simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini atribut produk terdiri dari harga (XI) merek (X2) kualitas (X3) dan fasilitas/layanan pendukung (X4) sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan (Y). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang mana dalam rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh antara atribut produk dengan kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Reguler Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi yang menggunakan kartu seluler prabayar IM3 sejumlah 316 siswa. Menggunakan rumus populasi tak hingga (Infinite Population) yang menghasilkan jumlah sampel 73 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan data Interval (skala Interval). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara harga merek kualitas dan fasilitas/layanan pendukung terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan kartu seluler prabayar IM3. (2). Ada pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara harga merek kualitas dan fasilitas/layanan pendukung terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan kartu seluler prabayar IM3 (3). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan kartu seluler prabayar IM3 adalah harga produk. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara harga merek kualitas dan fasilitas/layanan pendukung terhadap kepuasan pelanggan. Hendaknya perusahaan tetap mempertahankan dan meningkatkan atribut produknya dengan terus menjaga konsistensi harga produk yang diterapkan yang berbasis pada kepuasan konsumen. Oleh karena itu perusahaan hendaknya tetap meningkatkan produknya dalam melihatnya tingkat harga yang terjangkau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31233

Actions (login required)

View Item View Item